Health Resort dan Spa di Kawasan Pemandian Air Hangat Cumpleng, Tawangmangu dengan Pendekatan Konsep Healing Environment

PERBOWO, WARIH SURYO (2015) Health Resort dan Spa di Kawasan Pemandian Air Hangat Cumpleng, Tawangmangu dengan Pendekatan Konsep Healing Environment. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (191Kb) | Preview

    Abstract

    Perancangan Resor dan Spa Kesehatan dilatarbelakangi oleh kekhawatiran masyarakat perkotaan akan kesehatan karena tingginya tingkat kegelisahan serta pola hidup yang tidak sehat. Masyarakat perkotaan cenderung rela mengeluarkan biaya yang tidak murah untuk mengembalikan kondisi fisik dan psikologis mereka. Kecenderungan ini dapat ditangkap sebagai salah satu potensi untuk mengembangkan sebuah resor dan spa kesehatan. Tujuan dari perancangan ini adalah mendapatkan desain bangunan yang dapat mewadahi kegiatan sebuah resor dan spa kesehatan yang terintegrasi dengan kawasan Pemandian Air Hangat Cumpleng dalam sebuah Healing Environment atau desain lingkungan yang memberikan efek terapi bagi pengunjung. Metode yang digunakan adalah metode perancangan arsitektur dengan pendekatan konsep Healing Environment. Persoalan desain yang akan diselesaikan terdiri dari: merancang fasilitas pada resor dan spa yang mampu memaksimalkan potensi Pemandian Air Hangat Cumpleng; pengolahan tapak yang menunjang kegiatan di dalamnya; pengolahan lansekap yang sesuai dengan kebutuhan pengguna bangunan; menerapkan konsep Healing Environment pada bentuk, tampilan, dan interior bangunan. Hasil yang diperoleh merupakan sebuah resor dan spa dengan fasilitas penunjang kesehatan dan kebugaran tubuh yang terintegrasi dengan kawasan Pemandian Air Hangat Cumpleng yang menyajikan lingkungan dengan efek terapi untuk memulihkan kondisi fisik dan psikologis pengunjung.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Arsitektur
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 24 Dec 2015 15:46
    Last Modified: 24 Dec 2015 15:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22544

    Actions (login required)

    View Item