PENGEMBANGAN MODEL PERSEDIAAN PEMASOK-PEMBELI DENGAN MEMPERTIMBANGKAN TINGKAT KECACATAN, KESALAHAN INSPEKSI, DAN BACKORDER

SULISTYANTO, RAHMAD (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERSEDIAAN PEMASOK-PEMBELI DENGAN MEMPERTIMBANGKAN TINGKAT KECACATAN, KESALAHAN INSPEKSI, DAN BACKORDER. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (72Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini mengembangkan sebuah model persediaan terintegrasi dalam sistem pemasok tunggal-pembeli tunggal. Di dalam model diasumsikan bahwa permintaan pasar dipengaruhi oleh harga jual produk baik pembeli dan usaha pengiklanan yang dilakukan. Proses produksi berjalan tidak sempurna dan menghasilkan sejumlah produk cacat. Pengiriman dari pemasok ke pembeli dilakukan dengan jumlah yang selalu sama dalam setiap pemesanan. Setelah produk datang kepada pembeli, kemudian dilakukan proses inspeksi. Kesalahan inspeksi terjadi ketika inspektur salah mengklasifikasikan produk baik sebagai produk cacat atau mengklasifikasikan produk cacat sebagai produk baik. Fungsi tujuan dari model ini adalah maksimasi total keuntungan gabungan pemasok-pembeli. Model ini menyediakan solusi optimal model dari total keuntungan gabungan. Contoh numerik juga diberikan sebagai ilustrasi dari model yang dikembangkan. Hasil analisis sensitivitas menunjukkan bahwa kenaikan tingkat kecacatan dan probabilitas kesalahan tipe I mengakibatkan penurunan total keuntungan gabungan. Sedangkan probabilitas kesalahan tipe II, proporsi tingkat permintaan, biaya simpan pemasok, biaya simpan pembeli, dan biaya pengiriman tidak berpengaruh terhadap fungsi tujuan maupun variabel keputusan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 24 Dec 2015 15:04
    Last Modified: 24 Dec 2015 15:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22535

    Actions (login required)

    View Item