KONTRIBUSI PANJANG TUNGKAI, KEKUATAN OTOT TUNGKAI, RENTANG LENGAN DAN VOLUME OKSIGEN MAKSIMAL PADA PRESTASI RENANG GAYA CRAWL 100 METER

, MANSHURALHUDLORI (2015) KONTRIBUSI PANJANG TUNGKAI, KEKUATAN OTOT TUNGKAI, RENTANG LENGAN DAN VOLUME OKSIGEN MAKSIMAL PADA PRESTASI RENANG GAYA CRAWL 100 METER. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (256Kb) | Preview

    Abstract

    Manshuralhudlori. A121308069. 2015. Kontribusi Panjang Tungkai, Kekuatan Otot Tungkai, Rentang Lengan dan Volume Oksigen Maksimal Pada Prestasi Renang Gaya Crawl 100 Meter (Studi Korelasi pada Mahasiswa Putra Pembinaan Prestasi Renang UNS dan UTP Surakarta). TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr., AIFO. II: Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd. Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan baik secara tunggal maupun ganda antara variabel panjang tungkai, kekuatan otot tungkai, rentang lengan dan volume oksigen maksimal pada prestasi renang gaya crawl 100 meter dan berapa besar kontribusi dari masing-masing variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis korelasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pembinaan prestasi renang JPOK FKIP UNS dan UTP Surakarta yang berjumlah 33 orang. Variabel penelitian ini terdiri dari empat variabel bebas yaitu panjang tungkai, kekuatan otot tungkai, rentang lengan dan volume oksigen maksimal. Dan satu variabel terikat yaitu prestasi renang gaya crawl 100 meter. Seluruh data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui tes dan pengukuran terhadap masing-masing variabel. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dengan melakukan pengujian normalitas, linieritas dan pengujian hipotesis yaitu analisis korelasi masing-masing prediktor, analisis korelasi parsial dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari masing-masing variabel panjang tungkai, kekuatan otot tungkai, rentang lengan dan volume oksigen maksimal memiliki hubungan yang signifikan baik secara tunggal maupun ganda dengan prestasi renang gaya crawl 100 meter. Kontribusi relatif masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat sebagai berikut: panjang tungkai sebesar 15,809%, kekuatan otot tungkai sebesar 21,795%, rentang lengan sebesar 5,441% dan volume oksigen maksimal sebesar 3,361%. Sedangkan kontribusi efektif masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat sebagai berikut: panjang tungkai sebesar 5,211%, kekuatan otot tungkai sebesar 7,184%, rentang lengan sebesar 1,179% dan volume oksigen maksimal sebesar 1,108%. Simpulan yang didapat dari penelitian ini dari empat variabel yaitu panjang tungkai, kekuatan otot tungkai, rentang lengan dan volume oksigen maksimal memiliki total sumbangan relatif sebesar 46,406% dan total sumbangan efektif sebesar 15,297%. Kata kunci : Panjang tungkai, kekuatan otot tungkai, rentang lengan, volume oksigen maksimal, renang gaya crawl 100 meter.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 24 Dec 2015 13:16
    Last Modified: 24 Dec 2015 13:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22526

    Actions (login required)

    View Item