Pengaruh Penambahan Ampas Kelapa Yang Difermentasi Dengan Ragi Tempe Dalam Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus)

A, PRAMESITA P (2015) Pengaruh Penambahan Ampas Kelapa Yang Difermentasi Dengan Ragi Tempe Dalam Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (92Kb) | Preview

    Abstract

    PENGARUH PENAMBAHAN AMPAS KELAPA YANG DIFERMENTASI DENGAN RAGI TEMPE DALAM PAKAN BUATAN TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) Pramesita Prawadika Apsari Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret, Surakarta ABSTRAK Ikan nila merupakan komoditas penting budi daya perikanan air tawar di Indonesia. Pemberian pakan yang sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan dapat meningkatkan produktivitas.Ampas kelapa merupakan limbah rumah tangga yang memiliki kandungan nutrisi baik sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pakan tambahan. Pengolahan awal ampas kelapa dengan proses fermentasi ragi tempe, diharapkan dapat meningkatkan kandungan protein dan menurunkan serat pakan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penambahan ampas kelapa hasil fermentasi ragi tempe sebagai campuran pakan terhadap peningkatan pertumbuhan ikan nila. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan tertentu. Pemberian pakan dengan perbandingan komposisi tepung bahan pakan dan tepung ampas kelapa fermentasi: 100%:0%, 80%:20%, 50%:50%, 40%:60%, dan 20%:80%. Dalam satu akuarium terdapat 15 ekor ikan sebagai ulangan.Pemeliharaan dilakukan selama 60 hari.Data pertumbuhan berat dan panjang dianalisis variansi (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan (DMRT) taraf uji 5%.Konsentrasi penambahan tepung ampas kelapa fermentasi dalam pakan sebanyak 20% memberikan pertambahan berat dan panjang yang paling besar di antara pakan perlakuan lainnya.Sedangkan nilai kelulushidupan paling tinggi terjadi pada ikan yang diberi pakan tanpa penambahan tepung ampas kelapa fermentasi. Kata kunci: Oreochromis niloticus, ampas kelapa, fermentasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QL Zoology
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 24 Dec 2015 13:10
    Last Modified: 24 Dec 2015 13:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22525

    Actions (login required)

    View Item