PENGARUH KOMPOSISI MOL STRONSIUM (x) DAN WAKTU PENCAMPURAN TERHADAP KARAKTERISASI BARIUM STRONSIUM TITANAT (Ba1-xSrxTiO3)

S, DIANISA KHOIRUM (2015) PENGARUH KOMPOSISI MOL STRONSIUM (x) DAN WAKTU PENCAMPURAN TERHADAP KARAKTERISASI BARIUM STRONSIUM TITANAT (Ba1-xSrxTiO3). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (555Kb) | Preview

    Abstract

    Barium Stronsium Titanat (Ba1-xSrxTiO3) telah disintesis menggunakan metode reaksi padatan. Material dasar yang berupa BaCO3, SrCO3, dan TiO2 dicampur, di-press, dibentuk bulk, dan di-sintering pada suhu 1200oC selama 2 jam. Variasi komposisi Sr (x) dan waktu pencampuran dilakukan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap karakteristik Ba1-xSrxTiO3. Variasi komposisi Sr (x) yang digunakan sebesar x=0; x=0,1; dan x=0,5 dan waktu pencampuran dilakukan selama 6 jam dan 8 jam. Sampel (Ba1-xSrxTiO3) diuji menggunakan instrument X-Ray Diffraction (XRD), Scanning Electron Microscopy (SEM), Inductance Capacitance Resistance (LCR) meter, dan rangkaian Sawyer Tower. Hasil XRD menunjukkan bahwa komposisi menyebabkan sudut difraksi bergeser menjadi lebih besar dan waktu pencampuran menyebabkan perubahan pada intensitas puncak-puncak Ba1-xSrxTiO3. Hasil morfologi SEM menunjukkan bahwa komposisi menyebabkan perubahan pada ukuran butir Ba1-xSrxTiO3, dan semakin lama waktu pencampuran menyebabkan ukuran butir semakin besar. Hasil pengujian menggunakan rangkaian Sawyer Tower menunjukkan bahwa BaTiO3 dan Ba0,9Sr0,1TiO3 bersifat feroelektrik, sedangkan Ba0,5Sr0,5TiO3 bersifat paraelektrik. Hasil LCR meter menunjukkan bahwa konstanta dielektrik cenderung semakin rendah seiring dengan semakin banyaknya komposisi Sr, dan perbedaan waktu pencampuran juga menyebabkan konstanta dielektrik (Ba1-xSrxTiO3) berubah. Konstanta dielektrik tertinggi diperoleh pada Ba0,9Sr0,1TiO3 dengan waktu pencampuran 8 jam, yaitu sebesar 196.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 24 Dec 2015 12:26
    Last Modified: 24 Dec 2015 12:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22514

    Actions (login required)

    View Item