Strategi promosi PT. telkom kandatel Solo dalam meningkatkan volume penjualan telkom flexi

KUSUMANINGRUM, RIA WULANSARI (2005) Strategi promosi PT. telkom kandatel Solo dalam meningkatkan volume penjualan telkom flexi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (967Kb)

    Abstract

    ABSTRAKSI STRATEGI PROMOSI PT. TELKOM KANDATEL SOLO DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN TELKOM FLEXI RIA WULANSARI K F3202075 Promosi merupakan kegiatan yang memberikan sejumlah informasi kepada konsumen tentang suatu barang atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan yang ditujukan untuk mendorong permintaan pasar. Setiap perusahaan memerlukan kegiatan promosi untuk memperkenalkan produk baru atau untuk meningkatkan volume penjualan. Dan kegiatan promosi ini dilakukan untuk memperoleh perhatian dari konsumen agar dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain untuk mencapai target sasaran, dan dalam promosi diperlukan variabel-variabel yang dapat menunjang kegiatan promosi tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam observasi data ini adalah untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang variabel-variabel promosi apakah yang digunakan oleh TELKOM Flexi Solo, dan apakah variabel-variabel promosi yang dipakai tersebut sudah tepat. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan study pustaka, sedangkan tehnik analisis data yang dipakai adalah secara deskriptif dengan melihat volume penjualan dari triwulan ketriwulan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam kegiatan promosi yang dilakukan oleh Telkom Flexi Solo mempertimbangkan faktor-faktor penting yaitu tujuan promosi, pemilihan media periklanan yang tepat, biaya promosi, kerjasama dan bantuan promosi yang ditawarkan oleh media, karakteristik media promosi, serta kelebihan dan kekurangan media promosi tersebut. Berdasarkan pertimbangan tersebut, Telkom Flexi Solo memilih media promosi dengan menggunakan keempat variabel-variabel yaitu personal selling berupa door to door dan EGC, publisitas yaitu dengan mengadakan seminar-seminar diperguruan tinggi, periklanan berupa iklan ditv, radio, brosur, koran, spanduk, papan nama, baliho, event dan internet. Dengan media-media yang dipakai tersebut Telkom Flexi Solo dapat meningkatkan volume penjualannya setiap triwulannya. Saran yang dapat penulis berikan adalah dengan meningkatkan frekuensi kegiatan-kegiatan promosi, menyebarkan brosur-brosur disemua tempat yang ada pembeli potensialnya dan pemberian -pemberian hadiah, diskon, potongan harga, dan disetiap triwulan berikutnya membuat promosi yang lebih menarik sehingga konsumen tertarik untuk menggunakan Telkom Flexi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Saputro Bagus
    Date Deposited: 12 Jul 2013 00:21
    Last Modified: 12 Jul 2013 00:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2250

    Actions (login required)

    View Item