PEMILIHAN REKANAN JASA KONSULTANSI DENGAN METODE AHP (STUDI KASUS : PENGADAAN DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS) SURAKARTA)

H, AMANIYAH WAHIDATULAMANIYAH WAHIDATUL H (2015) PEMILIHAN REKANAN JASA KONSULTANSI DENGAN METODE AHP (STUDI KASUS : PENGADAAN DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS) SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (555Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Amaniyah Wahidatul Hanifah, 2015. Pemilihan Rekanan Jasa Konsultansi dengan Metode AHP (Studi Kasus Pengadaan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta). Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dalam proses pemilihan penyedia jasa konsultansi diperlukan kriteria-kriteria yang digunakan untuk penilaian. Sehingga dengan beberapa kriteria tersebut perlu dilakukan kajian yang paling cocok untuk digunakan dalam pemilihan penyedia jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model hierarki yang digunakan didalam pemilihan penyedia jasa konsultansi dan menentukan peringkat penyedia jasa konsultansi dari model hierarki tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berupa wawancara dan pengisian kuisioner oleh 11 responden. Sedangkan data sekunder berupa studi kepustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytic Hierarchy Process (AHP) didukung software Microsoft Excel dalam melakukan perhitungan terhadap bobot kriteria, bobot alternatif, dan prioritas alternatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh model hierarki 4 level dengan beberapa alternatif, yaitu level 1 terdiri dari 3 kriteria, level 2 terdiri dari 9 kriteria, level 3 terdiri dari 17 kriteria, dan level 4 terdiri dari 5 kriteria. Untuk alternatif ada 4 perusahaan yang diseleksi dengan metode AHP. Hasil peringkat penyedia jasa konsultansi diperoleh PT. D sebagai alternatif penyedia jasa konsultansi peringkat pertama dengan jumlah prioritas 1,521, peringkat kedua PT. A dengan jumlah prioritas 1,461, PT. B dengan jumlah prioritas 1,440 dan PT. C di peringkat terakhir dengan jumlah prioritas 1,374. Kata kunci : penyedia jasa, jasa konsultansi, AHP, Microsoft Excel

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 24 Dec 2015 11:36
    Last Modified: 24 Dec 2015 11:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22499

    Actions (login required)

    View Item