Strategi Komunikasi Humas Dalam Pelaksanaan Handling Complaint Sebagi Upaya Menjalin Hubungan Baik Dengan Pelangga di PT. PLN (Persero) Area Surakarta

HENGGAR, ATYANTA (2015) Strategi Komunikasi Humas Dalam Pelaksanaan Handling Complaint Sebagi Upaya Menjalin Hubungan Baik Dengan Pelangga di PT. PLN (Persero) Area Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (461Kb) | Preview

    Abstract

    Atyanta Henggar, D0211014. Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNS. STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM PELAKSANAAN HANDLING COMPLAINT SEBAGAI UPAYA MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN PELANGGAN DI PT. PLN (PERSERO) AREA SURAKARTA, Skripsi, September 2015. Seiring dengan tingginya jumlah pemadaman listrik di Kota Solo membuat para pelanggan mengeluhkan kinerja PT. PLN (Persero) Area Surakarta. banyaknya aktivitas yang terganggu karena pemadaman listrik membuat para pelanggan merasa terganggu akan pemadaman listrik yang sering terjadi tiba-tiba tanpa ada informasi atau pemberitahuan terlebih dahulu. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui strategi komunikasi humas dalam pelaksanaan handling complaint sebagai upaya menjalin hubungan baik dengan pelanggan di PT. PLN (Persero) Area Surakarta. Hal ini dikarenakan Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang bisnis dan jasa , peran pelanggan sangatlah penting karena pelanggan merupakan aset jangka panjang yang panjang yang harus dijaga dengan baik Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan interview dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif dan menggunakan teknik triangulasi data untuk validitas data. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan PT. PLN (Persero) Area Surakarta menjalankan tiga program strategi komunikasi yaitu Talk Show Radio , Customer Service , dan program Respond Time and Recovery Time dengan memilih humas dan karyawan sebagai komunikator dengan target sasaran semua pelanggan yang mengalami keluhan mengenai kelistrikan. Sedangkan untuk pesan yang disampaikan adalah sosialisasi Call Center 123 dan juga informasi mengenai gangguan-gangguan yang terjadi melalui media telepon, radio dan face to face. Kata kunci : Humas, Keluhan Pelanggan, Strategi Komunikasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 24 Dec 2015 11:27
    Last Modified: 24 Dec 2015 11:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22498

    Actions (login required)

    View Item