IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMEBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI STUDI KASUS SISWA KELAS VII MTsN JETIS PONOROGO

DAROINI, MOHAMAD (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMEBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI STUDI KASUS SISWA KELAS VII MTsN JETIS PONOROGO. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (224Kb) | Preview

    Abstract

    Mohamad Daroini, S811202022. Implementasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (Studi Kasus Siswa Kelas VII MTsN Jetis Ponorogo). TESIS. Pembimbing I : Prof. Dr. Samsi Haryanto, M.Pd, Pembimbing II: Prof. Dr. Mulyoto, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pasca Sarjana FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta. 2015 Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penyusunan RPP pada pembelajaran TIK dengan menggunakan pendekatan CTL pada siswa kelas VII MTsN Jetis Ponorogo; (2) Untuk mengetahui proses penerapan pendekatan CTL pada pembelajaran TIK pada siswa kelas VII MTsN Jetis Ponorogo; (3) Untuk mengetahui hasil yang dicapai para siswa kelas VII MTsN Jetis Ponorogo dalam pembelajaran TIK dengan menggunkan pendekatan CTL; (4) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan pendekatan CTL pada pembelajaran TIK pada siswa kelas VII MTsN Jetis Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakana pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian diperoleh dari beberapa sumber, yakni: aktivitas pembelajaran, informan, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, pengamatan dan analisis dokumen. Uji keterpercayaan menggunakan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi, baik triangulasi sumber ganda dan triangulasi metode ganda. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, dengan langkah-langkah berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) proses penyusunan RPP pada pembelajaran TIK di MTsN Jetis Ponorogo dengan menggunakan pendekatan CTL telah disusun dan dikembangkan sejalan dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang standart nasional pendidikan; (2) proses penerapan pendekatan CTL pada pembelajaran TIK pada siswa kelas VII MTsN Jetis Ponorogo dilaksanakan dengan cara dibagi dalam tiga tahapan yakni: (a) tahap persiapan, (b) tahap pelaksanaan, (c) tahap penutup, dimana ketiga tahapan tersbut dilaksanakan sesuai dengan tujuh asas pendekatan CTL; (3) Terdapat beberapa factor pendukung dang penghambat penerapan CTL dalam pembelajaran TIK, untuk faktor pendukung diantaranya: (a) Kesiapan guru dalam menyampaikan materi, (b) Lingkungan madrasah yang aman dan nyaman, (c) Sarana dan prasarana praktikum yang memadai, (d) Adanya peraturan madrasah yang mengikat. Sedangkan factor penghambat diantaranya: (a) Kurangnya variasi dalam mengajar, (b) Jumlah siswa dan keheterogenanya, (c) Kurangnya pendampingan dan supervisi dari kepala madrasah, (d) lingkungan madrasah yang cenderung lebih condong atau familiar dengan metode ceramah dalam proses kegiatan belajar mengajar; (4) Implementasi pendekatan CTL pada mata pelajaran TIK pada siswa kelas VII MTsN Jetis Ponorogo berdampak positif terhadap nilai (Hasil) yang diperoleh oleh peserta didik. Kata Kunci: Implementasi pendekatan CTL, Pembelajaran TIK

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 24 Dec 2015 11:07
    Last Modified: 24 Dec 2015 11:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22495

    Actions (login required)

    View Item