PERTUMBUHAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) DI BERBAGAI TIPE TAMBAK TRADISIONAL DESA LEKONG KECAMATAN ALAS BARAT, SUMBAWA

Abdullah, Viktor (2015) PERTUMBUHAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) DI BERBAGAI TIPE TAMBAK TRADISIONAL DESA LEKONG KECAMATAN ALAS BARAT, SUMBAWA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1528Kb) | Preview

    Abstract

    Udang vannamei (Litopenaeus vannamei) merupakan udang introduksi dari perairan Amerika Tengah yang di impor ke Indonesia untuk menggantikan udang windu (Panaeus manodon) yang terserang penyakit. Indonesia memiliki berbagai macam habitat untuk melakukan budidaya udang. Kualitas dan kuantitas budidaya udang tergantung pada karakter lingkungan budidaya maupun teknik budidayanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pertumbuhan udang, karakteristik habitat/lingkungan dan hubungan antara faktor lingkungan dengan pertumbuhan udang. Penelitian ini dilakukan pada empat tambak tradisional dengan karakter/tipe yang berbeda yaitu: tambak pantai, tambak mangrove, tambak sungai dan tambak sawah selama 75 hari dengan padat tebar 50 ekor/m 3 . Variabel yang diamati adalah pertumbuhan udang (size dan berat individu) dan kualitas air (fisika, kimia dan biologi) sebagai data penunjang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analysis of Variance (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan udang vannamei yang baik terlihat pada tambak mangrove, tambak sungai, tambak pantai dan tambak sawah dengan size berturut-turut yaitu: 143 ekor/kg, 190 ekor/kg, 195 ekor/kg dan 200 ekor/kg, serta dengan berat individu berturut-turut yaitu: 6,99 gram/ekor, 5,26 gram/ekor, 5,12 gram/ekor dan 5,00 gram/ekor. Faktor lingkungan abiotik yang berpengaruh erat terhadap pertumbuhan udang vannamei adalah kedalaman, oksigen terlarut (DO), amoniak (NH3), nitrat (NO3), phospat (PO4) dan plankton. Kata kunci : Pertumbuhan, Udang Vannamei, Tambak tradisional, Sumbawa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Biosains
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 24 Dec 2015 00:20
    Last Modified: 24 Dec 2015 00:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22494

    Actions (login required)

    View Item