Studi Eksperimental Unjuk Kerja Motor 4 Langkah dengan Variasi Diameter Venturi Karburator Pe 28 dan Penambahan Power jet

Firdani, Tutuko and Dany Setyawan , Nova and Tahta Alfina , Fitria (2015) Studi Eksperimental Unjuk Kerja Motor 4 Langkah dengan Variasi Diameter Venturi Karburator Pe 28 dan Penambahan Power jet. Studi Eksperimental Unjuk Kerja Motor 4 Langkah dengan Variasi Diameter Venturi Karburator Pe 28 dan Penambahan Power jet, 1 (5).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (879Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian terhadap modifikasi diameter venturi karburator PE 28 dengan penambahan power jet ini, yaitu mengetahui pengaruh besar nilai diameter venturi terhadap asupan bahan bakar motor, mengetahui nilai tekanan vakum dan putaran mesin yang dapat digunakan untuk mengaktivasi penggunaan komponen tambahan konstruksi power jet, dan mengetahui luaran daya motor dan torsi motor serta konsumsi bahan bakar spesifik yang menggunakan karburator reamer dengan penambahan konstruksi power jet. Tahapan penelitian yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan dan target tersebut yaitu tahap studi literatur, perencanaan dan pelaksanaan penelitian. Pada tahap studi literatur mencari dan mempelajari bahan kepustakaan mngenai penelitian. Tahap perencanaan meliputi mencari karburator KEIHIN PE 28 dipasaran yang berkualitas 1, mengumpulkan komponen dan bahan pendukung penelitian ini, menyusun konsep inovasi karburator dengan penambahan konstruksi power jet dan modifikasi besar nilai diameter venturi dengan proses reamer, menyusun waktu berlangsungnya penelitian, serta mempersiapkan alat uji dan bahan uji. Tahapan penelitian yang ketiga yaitu tahap pelaksanaan. Pada tahap ini hal yang dilakukan yaitu mereamer 2 venturi karburator dengan diameter yang bervariabel, serta didesain aerodinamis dan halus agar memperkecil gesekan udara yang masuk venturi. Membuat konstruksi power jet pada karburator dengan proses bor pada bagian body karburator agar bak tampungan bahan karburator dan venturi dapat terhubung langsung melalui rongga silindris. Selanjutnya membuat sampel yaitu terdiri dari Spesimen 1, karburator diameter venturi normal yaitu 28 mm dengan tambahan konstruksi power jet. Spesimen 2 yaitu karburator hasil proses reamer berdiameter venturi 30 mm dengan tambahan konstruksi power jet. Spesimen 3 yaitu karburator hasil proses reamer berdiameter venturi 32 mm dengan tambahan konstruksi power jet. Lalu selanjutnya pengujian specific consumption yang dihasilkan pada tiap spesimen karburator dengan menggunakan mesin motor satria fu tahun 2010, pengujian daya dan torsi motor menggunakan alat dynotest Maka setelah pengujian akan diketahui pada sampel manakah output daya terbesar dan pada rpm berapa torsi maksimal diperoleh serta sejauh mana pergeseran grafik torsi dan daya motor yang dihasilkan dibandingkan dari keadaan standar pabrikan. Keywords : karburator PE28, power jet, venturi, daya motor

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 22 Dec 2015 17:54
    Last Modified: 22 Dec 2015 17:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22481

    Actions (login required)

    View Item