IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF PADA SMP DAN SMA LUAR BIASA DI KOTA PEKANBARU (Studi Kasus Manajemen Pelaksanaan Kurikulum 2013)

ALIM, FATMAWATI (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF PADA SMP DAN SMA LUAR BIASA DI KOTA PEKANBARU (Studi Kasus Manajemen Pelaksanaan Kurikulum 2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (975Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Latar belakang penelitian adalah penerapan implementasi kurikulum pendidikan jasmani adaptif masih jauh dari apa yang diharapkan dan di dalam pelaksanaannya masih banyak yang belum tercapai hal ini dapat dilihat dari pelaksanaannya manajemen kurikulum yang merupakan pokok kegiatan terencana meliputi bidang perencanaan, dan pengembangan, pelaksanaan dan perbaikan kurikulum. Proses tersebut bertujuan secara beruntun meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pengorganisasian, (3) Pengstafan, (4) Pengawasan. Sedangkan di dalam pelaksanaannya meliputi : (1) Sumber daya penunjang, (2) Proses pembelajaran, dan (3) Usaha atau kesulitan serta usaha guru dalam mengajar dan berinteraksi dengan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang dikemukakan oleh Sugiyono dan mengunakan teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dengan informan meliputi kepala sekolah, guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, pegawai tata usaha pada setiap sekolah luar biasa se- Kota Pekanbaru, dan pengawas sekolah luar biasa Kota Pekanbaru, dan Studi dokumentasi. Hasil perencanaan kurikulum pendidikan jasmani adaptif di 6 SLB Kota Pekanbaru, hanya SLB Cendana yang merencanakan kurikulum pendidikan jasmani adaptif. Pengorganisasian kurikulum hanya memiliki struktur organisasi dalam kepemerintahan dari Kemendikbud, Dinas Provinsi, Dinas Daerah, guru inti dan kepala sekolah. Sementara untuk di sekolah hanya memiliki tim. Tim dalam perencanaan, penyusunan, pengembangan dan penyesuaian kurikulum melibatkan kepala sekola, guru kelas, guru bidang studi, orang tua siswa. Pengstafan tidak berjalan dengan semestinya karena masih kurangnya tenaga pengajar dan pegawai SLB Kota Pekanbaru. Pengawasan yang dilakukan kepala sekolah sesuai dengan semestinya mulai dari perencanaan kurikulum sampai dengan pelaksanaan. Sementara pengawas PLB hanya memantau keadaan sekolah dan tidak melihat pelaksanaan kurikulum. Sumber daya penunjang pendidikan jasmani adaptif tidak memadai dan masih harus diperhatikan pengandaan dan modifikasi untuk sarana dan prasarana. Proses pembelajaran pendidikan adaptif disesuaikan dengan kondisi fisik siswa. Kendala serta usaha guru dalam mengajar dan berinteraksi dengan siswa tidak memiliki kesulitan yang berarti. Kesimpulan bahwa implementasi kurikulum pendidikan jasmani belum berjalan dengan semestinya karena tidak adanya perencanaan dan guru yang khusus mengajar penjasorkes. Masih kurangnya sumber daya penunjang yang mendukung kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum, Manajemen Kurikulum, Sumber Daya Penunjang, Proses Pembelajaran, Kendala Serta Usaha.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 20 Dec 2015 10:52
    Last Modified: 20 Dec 2015 10:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22474

    Actions (login required)

    View Item