KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), GENERATIF LEARNING (GL) DAN INTEGRASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN KREATIVITAS SISWA (Studi Pembelajaran Mikrobiologi pada Materi Pemeriksaan Kualitas Air dan Makanan Kelas XI SMK Negeri 3 Madiun Tahun Pelajaran 2013/2014)

RATRI, ERLINA FATMA (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), GENERATIF LEARNING (GL) DAN INTEGRASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN KREATIVITAS SISWA (Studi Pembelajaran Mikrobiologi pada Materi Pemeriksaan Kualitas Air dan Makanan Kelas XI SMK Negeri 3 Madiun Tahun Pelajaran 2013/2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1050Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL), Generative Learning (GL), dan integrasinya, kemampuan menganalisis, kreativitas, terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model GL, PBL dan integrasi PBL-GL yang dilakukan pada bulan Maret– Mei 2014. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Analisis Kimia SMKN 3 Madiun Tahun Pelajaran 2013/2014 sejumlah 262 siswa yang terbagi menjadi delapan kelompok belajar (kelas). Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas yaitu XI Analisis Kimia 2, XI Analisis Kimia 3, dan XI AnalisisKimia 4 yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas XI Analisis Kimia 2 menggunakan model GL, kelas XI-Analisis Kimia 3 menggunakan model PBL, dan kelas XI Analisis Kimia 4 menggunakan model Integrasi PBL-GL. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar kognitif dan angket afektif, angket psikomotorik, angket kemampuan menganalisis, angket kreativitas siswa. Data kemudian dianalisis menggunakan uji ANAVA tiga jalan dengan disain faktorial 3x2x2 dengan taraf signifikansi 5%, dan kemudian dilanjutkan dengan uji Scheffe jika terdapat interaksi. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan pengaruh model PBL, GL serta Integrasi PBL-GL terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor; 2) Tidak ada perbedaan pengaruh kemampuan mengevaluasi siswa terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor; 3) Ada perbedaan pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor; 4) Tidak ada interaksi antara model PBL, GL serta Integrasi PBL-GL dengan kemampuan menganalisis siswa terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa; 5) Tidak ada interaksi antara model PBL, GL serta Integrasi PBL-GL dengan kreativitas siswa terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor; 6) Tidak ada interaksi antara kemampuan menganalisis dengan kreativitas siswa terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa; 7) Tidak ada interaksi antara model PBL, GL serta Integrasi PBL-GL, kemampuan menganalisis, dan kreativitas terhadap hasil belajar kognitif, afektif, maupun psikomotor siswa. Kata kunci: generative learning, problem based learning, kemampuan menanalisis, dan kreativitas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 20 Dec 2015 09:57
    Last Modified: 20 Dec 2015 09:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22471

    Actions (login required)

    View Item