“APLIKASI ANALISIS TRANSAKSIONAL DASAR PADA MASALAH RELASI ORANG TUA-ANAK” UNTUK MEMPERBAIKI MASALAH EMOSI DAN PERILAKU ANAK DAN REMAJA

Nurhaeni, Yekti (2015) “APLIKASI ANALISIS TRANSAKSIONAL DASAR PADA MASALAH RELASI ORANG TUA-ANAK” UNTUK MEMPERBAIKI MASALAH EMOSI DAN PERILAKU ANAK DAN REMAJA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (175Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Latar Belakang : Masalah emosi dan perilaku pada anak dan remaja memberikan dampak negatif terhadap perkembangan, menimbulkan hendaya dan menurunkan produktifitas serta kualitas hidup yang bermanifestasi perilaku internalisasi (menarik diri) atau eksternalisasi (menentang) atau kedua-duanya. Selain itu akan menambah beban keluarga, mengganggu relasi orang tua-anak dan mempersulit pengasuhan. Analisis Transaksional (AT) adalah psikoterapi yang menekankan pada hubungan interaksional diharapkan mampu memperbaiki masalah relasi orang tua-anak, sehingga masalah emosi dan perilaku anak dan remaja bisa diperbaiki. Tujuan : (1) Mengetahui keefektifan “Aplikasi Analisis Transaksional Dasar pada Masalah Relasi Orang Tua-Anak” untuk memperbaiki masalah emosi dan perilaku anak dan remaja. (2) Meningkatkan kemampuan untuk melakukan aplikasi Analisis Transaksional Dasar dalam perbaikan masalah emosi dan perilaku pada anak dan remaja. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk studi kasus bertujuan untuk memperbaiki masalah emosi dan perilaku anak dan remaja pada keluarga dengan masalah relasi orang tua-anak dengan melakukan terapi AT Dasar menggunakan pedoman AATD. Hasil : “Aplikasi Analisis Transaksional Dasar pada Masalah Relasi Orang Tua-Anak” dilakukan pada dua kasus anak dan remaja yang mengalami eksternalisasi dan internalisasi menunjukkan perbaikan pada taraf borderline berdasarkan penilaian SDQ dan perbaikan gejala (symptomatic relief) yang merupakan tahap awal keberhasilan terapi. Kesimpulan : “Aplikasi Analisis Transaksional Dasar pada Masalah Relasi Orang Tua- Anak” dapat dipergunakan untuk memperbaiki masalah emosi dan perilaku anak dan remaja. Kata kunci : Analisis Transaksional Dasar, masalah relasi orang tua-anak, masalah emosi dan perilaku anak dan remaja.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 20 Dec 2015 02:29
    Last Modified: 20 Dec 2015 02:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22465

    Actions (login required)

    View Item