Terminal dan Stasiun Kereta Api di Kota Depok Sebagai Prasarana Moda Terintegrasi Transportasi Komuter Regional dan Lokal Berkonsep Wayfinding

APRILLIANA, ASTIKA (2015) Terminal dan Stasiun Kereta Api di Kota Depok Sebagai Prasarana Moda Terintegrasi Transportasi Komuter Regional dan Lokal Berkonsep Wayfinding. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (82Kb) | Preview

    Abstract

    Perencanaan dan perancangan terminal bus dan stasiun kereta api di Kota Depok dilatarbelakangi oleh rencana pemerintah Kota Depok untuk mewujudkan transportasi Kota Depok yang terintegrasi. Kebutuhan akan terminal bus dan stasiun kereta api yang terintegrasi dapat memudahkan pergerakan dan perpindahan moda bagi para pengguna jasa moda transportasi (komuter) khususnya di Kota Depok. Persoalan desain yang ditemukan yaitu bagaimana sistem sirkulasi, yang dapat memudahkan pergerakan dan perpindahan moda bagi komuter, yang efisien, lancar, dan aman, serta terakomodasi dalam building system-nya. Metode perancangan yang digunakan menggunakan metode perancangan arsitektur, yang dimulai dari gagasan awal, pemahaman awal dalam lingkup arsitektur mengenai objek yang direncanakan, penelusuran dan perumusan permasalahan, kajian pustaka sebagai referensi substansial, analisis data dan informasi, analisis pendekatan gambaran umum dan spesifik objek yang akan dirancang dan perumusan konsep perencanaan, analisis pendekatan konsep perancangan yang lebih spesifik tentang objek yang akan dirancang, serta transformasi rancang bangun arsitektur dan rancangan awal. Penerapan konsep wayfinding mampu menyelesaikan persoalan desain berupa sistem sirkulasi, yang efisien, lancar, dan aman, serta terakomodasi dalam building system-nya. Dalam konsep wayfinding pengguna merupakan hal yang paling diutamakan, terutama pada pergerakan dan perpindahannya menuju suatu moda. Cara pengguna memecahkan permasalahan pada konsep wayfinding dengan membuat keputusan, mengeksekusi keputusan, serta mengerti dan memahami lingkunganya. Hal inilah yang mempengaruhi desain wayfinding dengan perencanaan sirkulasi dan tata ruang, serta desain penanda informasi, sehingga tercapai keberhasilan desain wayfinding yang efisien, lancar, dan aman, serta terakomodasi dalam building system-nya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Arsitektur
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 11 Dec 2015 10:08
    Last Modified: 11 Dec 2015 10:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22398

    Actions (login required)

    View Item