EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL KELAS VII SMP NEGERI DI KABUPATEN SUKOHARJO

Auliya, Nanang Nabhar Fakhri (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL KELAS VII SMP NEGERI DI KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (903Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kecerdasan emosional siswa. Model pembelajaran yang dibandingkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan saintifik, model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan saintifik, dan model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Diperoleh sampel berjumlah 262 siswa, dengan rincian 92 siswa pada kelompok eksperimen satu, 85 siswa pada kelompok eksperimen dua, dan 85 siswa kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes prestasi belajar matematika dan angket kecerdasan emosional. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan sebagai berikut. (1) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan saintifik memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan saintifik dan pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan saintifik memberikan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik pada materi himpunan. (2) Kecerdasan emosional siswa memberikan pengaruh yang berbeda terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi himpunan. Siswa dengan kecerdasan emosional tinggi mempunyai prestasi belajar lebih baik dibandingkan siswa dengan kecerdasan emosional sedang maupun rendah, dan siswa dengan kecerdasan emosional sedang mempunyai prestasi belajar lebih baik dibandingkan siswa dengan kecerdasan emosional rendah. (3) Pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan saintifik, model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik, siswa dengan kecerdasan emosional tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kecerdasan emosional sedang maupun rendah, siswa dengan kecerdasan emosional sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kecerdasan emosional rendah. (4) Pada masing-masing kecerdasan emosional siswa yaitu tinggi, sedang dan rendah, Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan saintifik memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan saintifik dan pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan saintifik memberikan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik pada materi himpunan. Kata kunci: NHT, TPS, Klasikal, Pendekatan Saintifik dan Kecerdasan Emosional.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 08 Dec 2015 23:17
    Last Modified: 08 Dec 2015 23:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22394

    Actions (login required)

    View Item