PENERAPAN TOKEN EKONOMI GUNA MENINGKATKAN KEHADIRAN SISWA DI KELAS PINTAR RUMAH HEBAT INDONESIA : SEBUAH PENELITIAN TINDAKAN

Larasati, Devrie (2015) PENERAPAN TOKEN EKONOMI GUNA MENINGKATKAN KEHADIRAN SISWA DI KELAS PINTAR RUMAH HEBAT INDONESIA : SEBUAH PENELITIAN TINDAKAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (591Kb) | Preview

    Abstract

    Rumah Hebat Indonesia merupakan sebuah rumah pendampingan belajar berbasis komunitas yang memiliki program Kelas Pintar. Kelas Pintar mengajarkan pelajaran akademik sekolah sesuai dengan kurikulum dari kementerian pendidikan. Akan tetapi, masih terdapat permasalahan yang terjadi di Kelas Pintar yaitu rendahnya kehadiran siswa. Kehadiran merupakan salah satu hal penting dalam evaluasi pembelajaran di dalam instansi belajar. Kehadiran siswa juga menandakan bahwa siswa memiliki kesempatan untuk mempelajari materi pelajaran yang dapat menunjang kesuksesan di sekolah dan mempengaruhi lingkungan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kehadiran siswa di Kelas Pintar Rumah Hebat Indonesia dan menguji efektivitas token ekonomi dalam meningkatkan kehadiran di Kelas Pintar Rumah Hebat Indonesia. Subjek penelitian yaitu siswa kelas enam Rumah Hebat Indonesia sebanyak tiga belas siswa. Tindakan yang diberikan untuk meningkatkan kehadiran siswa di Kelas Pintar Rumah Hebat Indonesia menggunakan teknik token ekonomi. Siswa diberikan stempel pada kartu adik hebat dan papan adik hebat ketika mereka menghadiri pembelajaran di Kelas Pintar. Analisis penelitian menggunakan persentase untuk menunjukkan kehadiran siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kehadiran dan perubahan positif pada siswa. Siklus I, kehadiran siswa hari pertama dan kedua berturut-turut yaitu 61 % dan 92 %. Siklus II, kehadiran siswa hari pertama, hari kedua dan hari ketiga berturut-turut 69 %, 100 % dan 53 %. Hasil tersebut diperkuat dengan penuturan pengajar yang menyebutkan bahwa siswa semakin semangat dalam menghadiri Kelas Pintar. Siswa menuliskan pada lembar evaluasi kegiatan bahwa mereka menyukai token ekonomi yang digunakan dalam Kelas Pintar. Kata Kunci : Token Ekonomi, Kehadiran, Penelitian Tindakan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 07 Dec 2015 22:01
    Last Modified: 07 Dec 2015 22:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22383

    Actions (login required)

    View Item