HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KEMAMPUAN PENGISIAN LEMBAR PARTOGRAF MAHASISWA DIII KEBIDANAN STIKES PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Husna, Urfina Mazaya (2015) HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KEMAMPUAN PENGISIAN LEMBAR PARTOGRAF MAHASISWA DIII KEBIDANAN STIKES PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (158Kb) | Preview

    Abstract

    Hubungan Pengetahuan dengan Kemampuan Pengisian Lembar Partograf Mahasiswa DIII Kebidanan STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, Diploma IV Bidan Pendidik Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2015 Latar Belakang: Kemampuan mengisi lembar partograf adalah salah satu kompetensi dan ketrampilan yang harus dicapai oleh mahasiswa kebidanan untuk menjadi bidan yang kompeten dalam membantu menurunkan angka kematian ibu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan kemampuan pengisian lembar partograf mahasiswa DIII Kebidanan. Metode: Desain penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Variabel penelitian adalah pengetahuan dan kemampuan. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester IV di STIKES PKU Muhammadiyah sebanyak 70 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan soal kasus partograf. Waktu penelitian bulan Desember 2014 sampai Juni 2015. Analisis data menggunakan uji statistik kendall-tau. Hasil: Mahasiswa yang berpengetahuan cukup adalah yang paling dominan yaitu sebanyak 37 orang (52,9%). Mahasiswa yang mampu mengisi partograf dengan benar adalah yang paling dominan yaitu sebanyak 42 orang (60%). Uji statistik menunjukkan bahwa didapatkan koefisien korelasi sebesar 0.318 dengan nilai p=0,006. Kesimpulan: Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan mahasiswa tentang partograf dengan kemampuan pengisian lembar partograf. Kata Kunci: Pengetahuan, Kemampuan, Partograf.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D4 - Kebidanan
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 07 Dec 2015 20:42
    Last Modified: 07 Dec 2015 20:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22373

    Actions (login required)

    View Item