MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPINGUNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PERAN SEBAGAI ANGGOTA KELUARGA KELAS II SD NEGERI PABELAN 02 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012

istiqomah, Umi (2013) MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPINGUNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PERAN SEBAGAI ANGGOTA KELUARGA KELAS II SD NEGERI PABELAN 02 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (71Kb) | Preview

    Abstract

    Umi Istiqomah. MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PERAN SEBAGAI ANGGOTA KELUARGA SISWA KELAS II SD NEGERI PABELAN 02 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012.Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman materi peran sebagai anggota keluarga melalui model pembelajaran mind mappingsiswa kelas II SD Negeri Pabelan 02 Kartasura, Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Variable yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah peningkatan pemahaman materi peran sebagai anggota keluarga, sedangkan variable tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran mind mapping. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan (planning), penerapan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah trianggulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga buah komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada kondisi awal, nilai rerata pemahaman siswa terhadap materi peran sebagai anggota keluarga yaitu 63,7 dengan tingkat ketuntasan klasikal 45,5%. Dengan model pembelajaran mind mappingpada siklus I, nilai rerata pemahaman siswa terhadap materi peran sebagai anggota keluarga 69,1 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal 70,5%. Pada siklus II nilai rerata pemahaman siswa terhadap materi peran sebagai anggota keluarga 73,3 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal 88,6%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi peran sebagi anggota keluarga siswa kelas II SD Negeri Pabelan 02 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata Kunci: mind mapping, pemahaman materi peran sebagai anggota keluarga

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 06 Dec 2015 17:25
    Last Modified: 06 Dec 2015 17:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22365

    Actions (login required)

    View Item