PROFIL TINGKAT BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP KELAS IX DALAM MENGERJAKAN SOAL OPEN-ENDED DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN

Sukma, Ubal Dahana (2015) PROFIL TINGKAT BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP KELAS IX DALAM MENGERJAKAN SOAL OPEN-ENDED DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (582Kb) | Preview

    Abstract

    UBAL DAHANA SUKMA. K1309094. PROFIL TINGKAT BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS IX DALAM MENGERJAKAN SOAL OPEN-ENDED DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Profil tingkat berpikir kreatif matematis siswa dengan kepribadian guardian dalam mengerjakan soal open-ended, (2) Profil tingkat berpikir kreatif matematis siswa dengan kepribadian artisan dalam mengerjakan soal open-ended, (3) Profil tingkat berpikir kreatif matematis siswa dengan kepribadian rasional dalam mengerjakan soal open-ended, (4) Profil tingkat berpikir kreatif matematis siswa dengan kepribadian idealis dalam mengerjakan soal open-ended. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 9 Surakarta Tahun Ajaran 2014/ 2015 pada kelas IX A dan IX D. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara siswa berbasis tes. Subyek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. sebanyak 5 orang siswa. Analisis data dilakukan melalui langkah-langkah menelaah seluruh data, reduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, dan memeriksa keabsahan data. Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu. Data tentang tipe kepribadian diambil dari angket. Sedangkan data tentang tingkat berpikir kreatif matematis masing-masing subyek dilakukan dengan wawancara berbasis tes. Jawaban siswa dianalisis untuk mendapatkan profil tingkat berpikir kreatif matematis siswa dalam mengerjakan soal open-ended. Dari analisis data diperoleh hasil : (1) tingkat berpikir kreatif matematis (TBK) siswa dengan tipe kepribadian guardian dalam menyelesaikan soal openended adalah : (a) TBK 2 (cukup kreatif) dengan kriteria memiliki fleksibiltas dalam menyelesaikan dan mengajukan masalah (b) TBK 1 (kurang kreatif) dengan kriteria memiliki kefasihan dalam menyelesaikan dan mengajukan masalah, (2) tingkat berpikir kreatif matematis (TBK) siswa dengan tipe kepribadian artisan dalam menyelesaikan soal open-ended adalah : (a) TBK 4 vii (sangat keatif) dengan kriteria memiliki kefasihan, kebaruan dan fleksibilitas dalam menyelesaiakan dan mengajukan masalah (b) TBK 1 (kurang kreatif) dengan kriteria memiliki kefasihan dalam menyelesaikan dan mengajukan masalah, (3) tingkat berpikir kreatif matematis (TBK) siswa dengan tipe kepribadian rasional dalam menyelesaikan soal open-ended adalah : TBK 4 (sangat kreatif) dengan kriteria memiliki kefasihan, kebaruan dan fleksibilitas dalam menyelesaikan dan mengajukan masalah . Kata kunci : tingkat berpikir kreatif matematis (TBK), soal open-ended, tipe kepribadian.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 06 Dec 2015 13:30
    Last Modified: 06 Dec 2015 13:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22360

    Actions (login required)

    View Item