HUBUNGAN ANTARA FAKTOR-FAKTOR SOSIAL EKONOMI DENGAN TINGKAT ADOPSI INSEMINASI BUATAN (IB) PADA PETERNAKAN SAPI POTONG DI KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR

YUNIATI, Erlina (2015) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR-FAKTOR SOSIAL EKONOMI DENGAN TINGKAT ADOPSI INSEMINASI BUATAN (IB) PADA PETERNAKAN SAPI POTONG DI KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (376Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor sosial ekonomi dengan tingkat adopsi Inseminasi Buatan (IB) pada peternakan sapi potong di Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2015 di Kecamatan Mojogedang. Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling (sengaja) dengan jumlah responden yang diambil sebanyak 60 responden dari 3 desa. Analisis data untuk menguji hubungan antara faktor-faktor sosial ekonomi dengan tingkat adopsi IB menggunakan uji korelasi dan untuk menguji tingkat signifikansi koefisien korelasi digunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat adopsi IB pada peternakan sapi potong di Kecamatan Mojogedang dalam kategori sedang dengan rata-rata tingkat adopsi sebesar 17,03, tingkat adopsi IB memiliki hubungan yang sangat signifikan (thitung>ttabel 2,663) dengan luas lahan dan pendapatan non peternakan, hubungan yang signifikan (thitung>ttabel 2,002) dengan hasil penjualan sapi potong, serta berhubungan tidak signifikan (thitung)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Peternakan
    Depositing User: rifqi imaduddin
    Date Deposited: 04 Dec 2015 19:17
    Last Modified: 04 Dec 2015 19:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22350

    Actions (login required)

    View Item