Tinjauan Diabaikannya Pasal 197 ayat (1) huruf d KUHAP oleh Hakim Sebagai Dasar Alasan Pengajuan Kasasi Penuntut Umum Terhadap Putusan Bebas Dalam Perkara Pemalsuan Uang

JULIARACHIM, MUHAMAD (2015) Tinjauan Diabaikannya Pasal 197 ayat (1) huruf d KUHAP oleh Hakim Sebagai Dasar Alasan Pengajuan Kasasi Penuntut Umum Terhadap Putusan Bebas Dalam Perkara Pemalsuan Uang. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (412Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian hukum ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian alasan pengajuan Kasasi oleh Penuntut Umum atas pengabaian Pasal 197 ayat (1) huruf d KUHAP atas putusan bebas oleh Hakim terhadap KUHAP. Tujuan yang lain yaitu untuk mengetahui kesesuaian Hakim Mahkamah Agung dalam memeriksa dan memutus Kasasi Penuntut Umum dengan alasan pengabaian ketentuan pasal 197 ayat (1) huruf d KUHAP oleh Hakim dalam perkara pemalsuang uang terhadap KUHAP. Penelitian hukum ini termasuk penelitian hukum normatif yang bersifat preskiptif dengan menggunakan sumber bahan-bahan hukum, baik yang berupa bahan hukum primer maupun bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini adalah dengan cara studi kepustakaan. Dalam penulisan hukum ini, penulis menggunakan analisis dengan metode deduksi yang berpangkal dari pengajuan premis mayor, salah satunya yaitu Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana dan Premis Minor yaitu Putusan Mahkamah Agung Nomor: 375 K/Pid /2013. Pembahasan menghasilkan kesimpulan bahwa pengajuan kasasi oleh Penuntut Umum dengan alasan diabaikannya Pasal 197 ayat (1) huruf d KUHAP oleh Hakim Judex Factie, yaitu putusan Judex Factie tidak memuat secara lengkap tentang pertimbangan hukum hakim mengenai fakta-fakta yang ada di dalam persidangan. Atas dasar alasan yang diajukan oleh Penuntut Umum maka Mahkamah Agung membatalkan dan mengadili sendiri pada putusan Nomor: 375 K/Pid/2013. Kata Kunci: Alasan Kasasi, Putusan, Pertimbangan Hakim.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: rifqi imaduddin
    Date Deposited: 03 Dec 2015 13:17
    Last Modified: 03 Dec 2015 13:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22323

    Actions (login required)

    View Item