TINJAUAN UPAYA TERDAKWA MELEMAHKAN PEMBUKTIAN PENUNTUT UMUM DENGAN SAKSI YANG MERINGANKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PUTUSAN YANG DIJATUHKAN HAKIM DALAM PERKARA PERSETUBUHAN DENGAN ANAK DI BAWAH UMUR (Studi Putusan Pengadilan Negeri Pekalongan Nomor : 29/Pid.Sus/2012/PN.PKL)

FATHONY, MUHAMMAD (2015) TINJAUAN UPAYA TERDAKWA MELEMAHKAN PEMBUKTIAN PENUNTUT UMUM DENGAN SAKSI YANG MERINGANKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PUTUSAN YANG DIJATUHKAN HAKIM DALAM PERKARA PERSETUBUHAN DENGAN ANAK DI BAWAH UMUR (Studi Putusan Pengadilan Negeri Pekalongan Nomor : 29/Pid.Sus/2012/PN.PKL). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (536Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Muhammad Fathony. 2015. E0008191. TINJAUAN UPAYA TERDAKWA MELEMAHKAN PEMBUKTIAN PENUNTUT UMUM DENGAN SAKSI YANG MERINGANKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PUTUSAN YANG DIJATUHKAN HAKIM DALAM PERKARA PERSETUBUHAN DENGAN ANAK DI BAWAH UMUR. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian upaya terdakwa melemahkan pembuktian penuntut umum dengan saksi yang meringankan dengan ketentuan KUHAP. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui implikasi yang terjadi terhadap putusan yang dijatuhkan hakim dalam perkara persetubuhan dengan anak di bawah umur. Penulisan hukum ini termasuk dalam penulisan hukum normatif yang bersifat perspektif dan terapan. Maka dalam penelitian hukum ini menggunakan pendekatan kasus. Sumber bahan hukum dalam penelitian ini adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Pengumpulan bahan hukum dengan studi kepustakaan. Analisis bahan hukum yang bersifat deduksi dengan metode silogisme, pengajuan premis mayor dan minor dengan kemudian menarik kesimpulan ratio secidendi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya terdakwa menghadirkan saksi yang meringankan sudah sesuai dengan ketentuan KUHAP sebagaimana diatur dalam Pasal 65 KUHAP tentang hak terdakwa menghadirkan saksi yang meringankan dan implikasinya terhadap putusan yang dijatuhkan hakim, bahwa dengan adanya keterangan saksi yang meringankan seluruh dakwaan tidak terbukti maka terdakwa dinyatakan tidak bersalah dan diputus bebas. Kata Kunci : Saksi yang Meringankan, Hak Terdakwa, Putusan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: rifqi imaduddin
    Date Deposited: 03 Dec 2015 09:13
    Last Modified: 03 Dec 2015 09:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22315

    Actions (login required)

    View Item