TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA UNTUK DIRI SENDIRI MENURUT PERUNDANG-UNDANGAN INDONESIA (Studi Putusan Pengadilan Negeri Denpasar Nomor 3/Pid.Sus.Anak/2014 /PN.Dps.)

ADHYAKSA, SATRIATAMA (2015) TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA UNTUK DIRI SENDIRI MENURUT PERUNDANG-UNDANGAN INDONESIA (Studi Putusan Pengadilan Negeri Denpasar Nomor 3/Pid.Sus.Anak/2014 /PN.Dps.). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (732Kb) | Preview

    Abstract

    SATRIATAMA ADHYAKSA. E0011285. 2015. TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA UNTUK DIRI SENDIRI MENURUT PERUNDANG-UNDANGAN INDONESIA (Studi Putusan Pengadilan Negeri Denpasar Nomor 3/Pid.Sus.Anak/2014 /PN.Dps.) Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perlindungan anak yang berhadapan dengan hukum. Kemudian mengkaji dasar pertimbangan hakim terhadap Putusan Pengadilan Negeri Denpasar Nomor 3 / Pid.Sus. Anak / 2014 /PN Dps. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat perskriptif dan terapan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan undang-undang dan pendekatan kasus. Dalam penelitan ini jenis data yang digunakan adalah data sekunder, yang meliputi sumber hukum primer dan bahan hukum sekunder. Oleh karena itu teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah studi kepustakaan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan penulis adalah metode deduktif, dengan menyajikan teori-teori ilmu hukum yang bersifat umum yaitu bentuk-bentuk perlindungan anak yang melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika untuk diri sendiri. Kemudian penulis akan mengkaji dasar pertimbangan hakim terhadap Putusan Pengadilan Negeri Denpasar Nomor 3 / Pid.Sus. Anak / 2014 /PN Dps. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa (1) Bentuk perlindungan terhadap terdakwa yang sudah diterapkan dalam putusan yaitu perlakuan secara manusiawi dengan memperhatikan kebutuhan sesuai dengan umurnya, pemisahan dari orang dewasa, pemberian bantuan hukum dan bantuan lain secara efektif, penghindaran dari penjatuhan pidana mati dan/atau pidana seumur hidup, penghindaran dari publikasi atas identitasnya, pemberian pendampingan Orang Tua/Wali dan orang yang dipercaya oleh anak sedangkan yang tidak diterapkan yaitu penghindaran dari penangkapan, penahanan atau penjara, kecuali sebagai upaya terakhir dan dalam waktu yang paling singkat. (2) Pertimbangan hukum hakim Pengadilan Negeri Denpasar Nomor 3 / Pid.Sus. Anak / 2014 /PN Dps. Terdakwa terbukti melanggar pasal 127 Ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, namun tidak mempertimbangkan syarat seseorang dapat ditahan, yaitu diduga melakukan tindak pidana dengan ancaman pidana penjara 7 (tujuh) tahun atau lebih. jadi seharusnya tidak boleh dilakukan penahanan. Kata Kunci : Perlindungan, Penyalahguna Narkotika, Anak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: rifqi imaduddin
    Date Deposited: 03 Dec 2015 08:27
    Last Modified: 03 Dec 2015 08:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22308

    Actions (login required)

    View Item