PENERAPAN STRATEGI EVENT MARKETING SEBAGAI UPAYA MENAIKKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI SOLO GRAND MALL

Wicaksono, Aryo Bagus (2015) PENERAPAN STRATEGI EVENT MARKETING SEBAGAI UPAYA MENAIKKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI SOLO GRAND MALL. Other thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS.

[img]
Preview
PDF
Download (377Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK PENERAPAN STRATEGI EVENT MARKETING SEBAGAI UPAYA MENAIKKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI SOLO GRAND MALL ARYO BAGUS WICAKSONO F3212019 Saat ini persaingan pusat perbelanjaan (mall) di Kota Solo semakin ketat sebab mulai menjamurnya para investor besar ingin membangun sebuah mall di kota yang sedang giat-giatnya mengembangkan pertumbuhan kota dari berbagai segi ini. Solo Grand Mall, bangunan "pusat perdagangan" yang bernuansa "mall" merupakan salah satu mall yang ramai dikunjungi masyarakat Solo sebab konsep yang melatar belakangi fungsi bangunan tersebut diatas adalah : One Stop Family Entertainment and Recreation, dimana Solo Grand Mall menyediakan pelayanan bagi para pengunjung yang ingin berbelanja berbagai macam kebutuhan dengan aneka variasinya tanpa memakan banyak waktu dan lebih efisiensi dalam pengeluaran biaya karena para pengunjung tidak perlu berpindah lokasi. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi event marketing apa yang telah dilaksanakan manajemen Solo Grand Mall telah sesuai dengan teori yang sudah dipelajari serta untuk mngetahui apa saja kendala dalam pelaksanaan strategi event marketing yang dihadapi oleh pihak manajemen Solo Grand Mall dalam penerapan strategi event marketing sebagai upaya menaikkan jumlah pengunjung di Solo Grand Mall serta tetap mendapat tempat di hati masyarakat Kota Solo. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah studi kasus yaitu mengambil suatu obyek tertentu untuk dianalisa secara mendalam. Data yang diperoleh melalui dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara langsung pada karyawan manajemen Solo Grand Mall bagian pelaksana event. Data sekunder diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian baik dari buku dan sumber lain. Solo Grand Mall dalam melakukan strategi event marketing saat ini hanya untuk memperkenalkan tenant baru serta menjaga trafic pengunjung saja sebab Solo Grand Mall saat ini sudah menentukan segmen pasarnya yaitu menengah ke bawah sehingga menaikkan jumlah pengunjung sudah bukan fokus utama lagi bagi Solo Grand Mall. Saran berdasarkan penelitian ini adalah pergelaran acara yang menampilkan hiburan dan tersiratkan edukasi di dalamnya dapat dijadikan acara rutin, menampilkan konsep dan tema acara yang sesuai dengan isu-isu yang sedang ramai di bicarakan, memaksimalkan publikasi event memanfaatkan sarana promosi yang ada melalui media partner yang telah terjalin. Kata Kunci : Event Marketing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Roikhatul Miskiyah
    Date Deposited: 02 Dec 2015 15:46
    Last Modified: 02 Dec 2015 15:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22285

    Actions (login required)

    View Item