PERAMALAN JUMLAH PEMINAT PROGRAM STUDI MATEMATIKA FMIPA UNS MENGGUNAKAN RUNTUN WAKTU FUZZY PADA PENENTUAN INTERVAL DENGAN METODE BERBASIS RATA-RATA DAN PENGELOMPOKAN OTOMATIS

SETYORINI, Lilis (2015) PERAMALAN JUMLAH PEMINAT PROGRAM STUDI MATEMATIKA FMIPA UNS MENGGUNAKAN RUNTUN WAKTU FUZZY PADA PENENTUAN INTERVAL DENGAN METODE BERBASIS RATA-RATA DAN PENGELOMPOKAN OTOMATIS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (181Kb) | Preview

    Abstract

    Setiap tahun Universitas Sebelas Maret (UNS) perlu melakukan perencanaan berhubungan dengan pengambilan keputusan manajerial UNS. Jumlah peminat di UNS tidak menentu setiap tahun sehingga pihak manajemen UNS tidak dapat menggunakan perencanaan anggaran sama seperti tahun sebelumnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan peramalan jumlah peminat untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Peramalan jumlah peminat dapat menggunakan metode runtun waktu fuzzy. Metode tersebut menggunakan prinsip-prinsip fuzzy dalam proses peramalannya. Penentuan interval merupakan langkah penting pada runtun waktu fuzzy karena dapat memengaruhi hasil peramalan. Penelitian ini membahas peramalan jumlah peminat Program Studi Matematika dengan penentuan interval runtun waktu fuzzy menggunakan metode berbasis rata-rata dan metode pengelompokan otomatis. Selanjutnya, metode dengan hasil root mean square error (RMSE) yang terkecil digunakan untuk meramalkan jumlah peminat tahun 2015. Pada penelitian ini data yang digunakan diubah menjadi himpunan fuzzy berdasarkan interval yang telah terbentuk dari semesta pembicaraan U. Langkah selanjutnya adalah membentuk kelompok relasi logika fuzzy untuk menentukan nilai peramalan. Berdasarkan hasil penelitian, nilai peramalan runtun waktu fuzzy menggunakan metode pengelompokan otomatis dengan subinterval 18 lebih akurat daripada metode berbasis rata-rata pada peramalan jumlah peminat Program Studi Matematika FMIPA UNS dari tahun 2003 sampai dengan 2014. Hal ini dapat menunjukkan nilai peramalan jumlah peminat pada tahun 2015 dengan menggunakan metode terbaik adalah 1705.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: rifqi imaduddin
    Date Deposited: 30 Nov 2015 17:31
    Last Modified: 30 Nov 2015 17:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22272

    Actions (login required)

    View Item