UPAYA MENINGKATKAN LONCAT JAUH TANPA AWALAN MELALUI PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PUCANGAN 01 KECAMATAN KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2010

Wibowo, Hakim Prihastyono (2011) UPAYA MENINGKATKAN LONCAT JAUH TANPA AWALAN MELALUI PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PUCANGAN 01 KECAMATAN KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2010. Masters thesis, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.

[img] PDF - Published Version
Download (810Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh tanpa awalan melalui pembelajaran gerak dasar lompat Pada Siswa Kelas V SD negeri pucangan 01 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Di SD Negeri pucangan 01 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun 2010 yang berjumlah 19 orang. Prosedur Penelitian yang digunakan melalui langkah–langkah dalam siklus terdiri dari : Planning (Perencanaan Tindakan), Acting (Pelaksanaan Tindakan), Observation (Observasi Tindakan), Reflecting (Refleksi Tindakan). Teknik pengumpulan data melalui tes dan pengukuran kemampuan gerak dasar loncat jauh tanpa awalan dan observasi dari proses pembelajaran. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran gerak dasar lompat dan variabel terikatnya adalah kemampuan loncat jauh tanpa awalan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif yang didasarkan pada analisa kualitatif dari kemampuan loncat jauh tanpa awalanmelalui pembelajaran gerak dasar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: Pembelajaran keterampilan gerak dasar loncat jauh tanpa awalan memiliki pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar loncat jauh tanpa awalan pada siswa kelas V SD Negeri Pucangan 01 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun 2010. Peningkatan hasil kelompok siswa yang diberikan perlakuan keterampilan gerak dasar loncat jauh tanpa awalan dari kondisi awal dan setelah siklus 1 meningkat 21,05 %, peningkatan antara siklus 1 dan siklus 2 sebesar 26,32 %, dan setelah siklus 2 hasil belajar siswa meningkat sebesar 31,58 % . maka dapat dikatakan dalam PTK ini siswa mendapatkan pengaruh dan manfaat bagi kemampuan hasil belajar gerak dasar loncat jauh tanpa awalan lebih besar dari 3 %.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Ayu Purnama Sari
    Date Deposited: 12 Jul 2013 03:00
    Last Modified: 12 Jul 2013 03:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2225

    Actions (login required)

    View Item