PENGARUH AGRESIVITAS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 BAKI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2005/ 2006

PRIHAYANTI, WINAHYU (2009) PENGARUH AGRESIVITAS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 BAKI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2005/ 2006. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1945Kb)

    Abstract

    Winahyu Prihayatin. PENGARUH AGRESIVITAS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI I BAKI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2005/2006. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, April 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) ada atau tidak adanya pengaruh agresivitas siswa terhadap prestasi belajar matematika (2) ada atau tidak adanya pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika (3) ada atau tidak adanya interaksi bersama antara agresivitas dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester dua SMP Negeri 1 Baki Sukoharjo tahun ajaran 2005/2006 yang terdiri dari 284 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 40 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausal komparatif dan bersifat expost facto. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Teknik pengumpulan data untuk variabel agresivitas siswa menggunakan observasi, variabel aktivitas belajar siswa menggunakan angket sedangkan prestasi belajar matematika menggunakan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa : ( 1 ) Ada pengaruh yang signifikan antara agresivitas siswa terhadap prestasi belajar matematika ( Fhit = 13,10 > 3,31 = Ftab pada taraf signifikansi 0,05 ). ( 2 ) tidak ada pengaruh yang signifikan antara aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika ( Fhit = 1,58 < 3,31 = Ftab pada taraf signifikansi 0,05 ). ( 3 ) tidak ada interaksi antara vi agresivitas siswa dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika ( Fhit = 0,48 < 2,68 = Ftab pada taraf signifikansi 0,05 ) Dari hasil uji komparasi ganda antar baris diperoleh bahwa ( 1 ) terdapat perbedaan pengaruh antara agresivitas siswa rendah dan agresivitas siswa sedang terhadap prestasi belajar matematika ( Fobs = 8,23 > 6,62 = Ftabel ), ( 2 ) terdapat perbedaan pengaruh antara agresivitas siswa rendah dan agresivitas siswa tinggi terhadap prestasi belajar matematika ( Fobs = 6,95 > 6,62 = Ftabel ), ( 3 ) tidak terdapat perbedaan pengaruh antara agresivitas siswa sedang dan agresivitas siswa tinggi terhadap prestasi belajar matematika ( Fobs = 0,32 < 6,62 = Ftabel ).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Users 837 not found.
    Date Deposited: 12 Jul 2013 00:15
    Last Modified: 12 Jul 2013 00:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2222

    Actions (login required)

    View Item