PENGARUH PEMBERIAN INSENTIF PADA KADER GIZI TERHADAP KINERJA DAN KEPUASAN PENGGUNA POSYANDU MANDIRI DI KOTA/KABUPATEN BLITAR

Haiyi, Muh. (2015) PENGARUH PEMBERIAN INSENTIF PADA KADER GIZI TERHADAP KINERJA DAN KEPUASAN PENGGUNA POSYANDU MANDIRI DI KOTA/KABUPATEN BLITAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (572Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Latar Belakang : Keberhasilan Posyandu sangat ditentukan oleh kerja keras para kader gizi yang dengan sukarela mengelola Posyandu. Banyak perdebatan apakah kader gizi harus dibayar. Pemberian insentif diharapkan dapat meningkatkan kinerja kader gizi. Namun kenyataaan di lapangan keberadaan kader gizi relatif labil karena partisipasinya bersifat sukarela sehingga tidak ada jaminan bahwa para kader gizi akan tetap menjalankan fungsinya dengan baik meskipun telah mendapat insentif. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian insentif pada kader gizi terhadap kinerja dan kepuasan pengguna Posyandu Mandiri di Kota/Kabupaten Blitar. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif analitik komparatif dengan pendekatan cross sectional (potong lintang). Subjek adalah kader gizi dan pengguna Posyandu. Pemilihan sampel menggunakan teknik Proportional Quota Sampling yaitu kader gizi 40 orang per kelompok (80 orang) dan pengguna Posyandu 40 orang per kelompok (80 orang). Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda moderasi. Hasil : Hasil uji F diperoleh nilai p = 0,00, maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi kinerja kader gizi (Y1) atau dapat dikatakan bahwa pemberian insentif pada kader gizi (X), motivasi (Z1), sikap (Z2), dan sarana prasarana Posyandu (Z3) secara simultan berpengaruh terhadap kinerja kader gizi di Posyandu Mandiri di Kota/Kabupaten Blitar. Hasil uji parsial ada pengaruh yang signifikan pemberian insentif terhadap kinerja kader gizi di Posyandu Mandiri di Kota/Kabupaten Blitar (p =0,025), diperkuat motivasi (p=0,00), sikap (p=0,015), dan sarana prasarana (p=0,146. Hasil uji F diperoleh nilai p = 0,029, maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi kepuasan pengguna Posyandu (Y2) atau dapat dikatakan bahwa pemberian insentif pada kader gizi (X), motivasi (Z1), sikap (Z2), dan sarana prasarana Posyandu (Z3) secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna Posyandu Mandiri di Kota/Kabupaten Blitar. Hasil uji parsial ada pengaruh yang signifikan pemberian insentif pada kader gizi terhadap kepuasan pengguna Posyandu, diperkuat motivasi (p=0,035),diperlemah sikap (p=0,962), dan sarana prasarana Posyandu (p=0,056). Kesimpulan : Pemberian insentif kepada kader gizi berpengaruh positif terhadap kinerjanya di Posyandu Mandiri di Kota/Kabupaten Blitar (p=0,025). Pemberian insentif kepada kader gizi berpengaruh negatif terhadap kepuasan pengguna Posyandu Mandiri di Kota/Kabupaten Blitar (p = 0,035) Kata Kunci : Insentif, Kinerja, Kepuasan Pengguna Posyandu, Kader Gizi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Gizi
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 29 Nov 2015 19:00
    Last Modified: 29 Nov 2015 19:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22212

    Actions (login required)

    View Item