EVALUASI PELAKSANAAN PEMOTONGAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 23 ATAS JASA PEMASANGAN SAMBUNGAN PIPA DISTRIBUSI BARU (RING) DI PDAM KOTA SURAKARTA TAHUN 2015

FARIDAH, FIFTAH ANTI ROHMATUN (2015) EVALUASI PELAKSANAAN PEMOTONGAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 23 ATAS JASA PEMASANGAN SAMBUNGAN PIPA DISTRIBUSI BARU (RING) DI PDAM KOTA SURAKARTA TAHUN 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1135Kb) | Preview

    Abstract

    Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemotongan pajak penghasilan pasal 23 atas jasa pemasangan sambungan pipa distribusi baru (ring) di PDAM Kota Surakarta dan evaluasinya. Penelitian dilaksanakan dengan metode wawancara, observasi, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil studi, pelaksanaan pemotongan PPh Pasal 23 atas jasa pemasangan sambungan pipa distribusi baru di PDAM Kota Surakarta dimulai dari penerimaan tagihan, penghitungan besarnya PPh terutang, pembuatan SSP, pembayaran tagihan dan penyetoran SSP, pelaporan SPT, dan penyerahan bukti pemotongan. Pelaksanaannya secara keseluruhan dinilai sudah cukup baik. Namun terdapat beberapa kelemahan dalam menjalankan prosedur tersebut, diantaranya belum dilakukannya pemisahan fungsi, tidak melampirkan bukti pemotongan saat pelaporan SPT, penggunaan tarif yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan yang menyebabkan kurang bayar sebesar Rp762.588. Kesimpulan dari studi ini adalah pelaksanaan pemotongan pajak atas jasa pemasangan sambungan pipa distribusi baru di PDAM Kota Surakarta telah berjalan sebagaimana mestinya. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran yaitu agar PDAM Kota Surakarta melakukan pemisahan fungsi terhadap bagian yang terlibat dalam pelaksanaan pemotongan, melengkapi lampiran yang dibutuhkan saat pelaporan SPT serta menerapkan tarif secara tepat sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan. Kata kunci: Pajak, Pajak Penghasilan, PPh Pasal 23 atas jasa pemasangan sambungan pipa distribusi baru (ring)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Depositing User: Hartono M Asyiq
    Date Deposited: 29 Nov 2015 17:33
    Last Modified: 29 Nov 2015 17:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22201

    Actions (login required)

    View Item