PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN PADA PEMIMPIN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi pada Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun)

NURWIDYANINGSIH, AYU (2015) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN PADA PEMIMPIN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi pada Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (130Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional pada organizational citizenship behavior dengan kecerdasan emosi dan kepercayaan pada pemimpin sebagai variabel pemediasi (Studi pada Rumah Sakit Islam Aisyah Madiun). Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian perawatan unit rawat inap Rumah Sakit Siti Aisyah Madiun sejumlah 154 perawat. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Nonprobality Sampling dengan metode Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 111 perawat. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner kepemimpinan transformasional, organizational citizenship behavior, kecerdasan emosional, kepercayaan pada pemimpin. Analisis data meliputi uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan pengujian Baron dan Kenny (1986). Berdasarkan pembahasan hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif pada organizational citizenship behavior, kecerdasan emosional dan kepercayaan pada pemimpin sebagai variabel pemediasi pada Rumah Sakit Siti Aisyah Madiun. Kata kunci : Kepemimpinan transformasional, Organizational Citizenship Behavior, Kecerdasan Emosi, Kepercayaan pada Pemimpin.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Manajemen
    Depositing User: faisal dharma
    Date Deposited: 29 Nov 2015 16:03
    Last Modified: 29 Nov 2015 16:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22176

    Actions (login required)

    View Item