PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL (PWIM) PADA SISWA KELAS IIA SD NEGERI KATEGUHAN 02 TAWANGSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015

MEGAWATININGTYAS, DEVI (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL (PWIM) PADA SISWA KELAS IIA SD NEGERI KATEGUHAN 02 TAWANGSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (534Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui Picture Word Inductive Model (PWIM) pada siswa kelas IIA SD Negeri Kateguhan 02 Tawangsari Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIA SD Negeri Kateguhan 02 yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis deskripsi dapat meningkat melalui Picture Word Inductive Model (PWIM) pada siswa kelas IIA SD Negeri Kateguhan 02. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan klasikal siswa mulai dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Pada pratindakan, ketuntasan klasikal mencapai 25,93% atau 7 siswa dari 27 siswa, pada siklus I tingkat ketuntasan klasikal mencapat 44,44% atau 12 siswa dari 27 siswa, dan pada siklus II tingkat ketuntasan klasikal mencapai 88,89% atau 24 dari 27 siswa. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan, pada pratindakan nilai rata-rata kelas mencapai 59,46; pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 67,09; dan pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 78,11. Simpulan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis deskripsi dapat meningkat melalui Picture Word Inductive Model (PWIM) pada siswa kelas IIA SD N Kateguhan 02 Tawangsari Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: menulis, keterampilan menulis deskripsi, Picture Word Inductive Model.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 29 Nov 2015 13:23
    Last Modified: 29 Nov 2015 13:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22174

    Actions (login required)

    View Item