Pengembangan Model Discovery with Team Assisted Individualization (D-TAI) Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Analisis Pada Materi Pokok Sistem Reproduksi manusia

NOVITASARI, AULIA (2015) Pengembangan Model Discovery with Team Assisted Individualization (D-TAI) Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Analisis Pada Materi Pokok Sistem Reproduksi manusia. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (353Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui karakteristik model pembelajaran D-TAI untuk memberdayakan kemampuan berpikir analisis, mengetahui kelayakan model pembelajaran D-TAI untuk memberdayakan kemampuan berpikir analisis, dan menguji keefektifan produk model dalam memberdayakan kemampuan berpikir analisis. Penelitian pengembangan model mengacu pada Borg & Gall yang diadaptasi menjadi sembilan tahapan yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba permulaan, revisi produk I, uji lapangan utama, revisi produk II, uji lapangan operasional dan revisi produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan: pengembangan model D-TAI dilakukan dengan memperhatikan karakteristik model yaitu landasan teoritis, sintaks, sistem sosial, sistem pendukung, peran dan tugas guru, dampak instruksional, dan dampak pengiring, hasil pengembangan model D-TAI layak diterapkan pada materi sistem reproduksi manusia. Kelayakan model D-TAI berdasarkan penilaian dari ahli, praktisi, dan siswa memperoleh kategori baik, model D-TAI mampu memberdayakan kemampuan berpikir analisis siswa. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara nilai kemampuan berpikir analisis pada kelas model D-TAI dan kelas kontrol yakni rerata nilai kelas model D-TAI (74,79) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (55,91) kontrol dengan level sig 0,00 < 0,05. Kata Kunci: discovery, TAI, model D-TAI, berpikir analisis.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: faisal dharma
    Date Deposited: 28 Nov 2015 10:43
    Last Modified: 28 Nov 2015 10:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22118

    Actions (login required)

    View Item