KASUS KECELAKAAN PUTRA HATTA RAJASA, RASYID RAJASA, DALAM PEMBERITAAN HARIAN KOMPAS (Analisis Wacana tentang Berita Kasus Kecelakaan Putra Hatta Rajasa, Rasyid Rajasa, pada Harian Kompas Periode Januari – Februari 2013)

HAPSARI, AULIA CITRA (2015) KASUS KECELAKAAN PUTRA HATTA RAJASA, RASYID RAJASA, DALAM PEMBERITAAN HARIAN KOMPAS (Analisis Wacana tentang Berita Kasus Kecelakaan Putra Hatta Rajasa, Rasyid Rajasa, pada Harian Kompas Periode Januari – Februari 2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (566Kb) | Preview

    Abstract

    Kasus kecelakaan lalu lintas hingga menyebabkan kematian bukanlah hal yang baru dan luar biasa dalam kehidupan sehari-hari. Namun lain cerita jika pelakunya bukan orang biasa. Kecelakaan maut yang mengakibatkan dua orang tewas terjadi di dalam Tol Jagorawi, Selasa 1 Januari 2013 sekitar pukul 05.45 WIB. Kecelakaan melibatkan M Rasyid Amrullah, putra bungsu Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Oleh karena itu, menarik untuk mengetahui “Bagaimana kasus Rasyid Rajasa dikonstruksikan dalam Harian Kompas periode Januari – Februari 2013?” Dipilihnya Harian Kompas sebagai objek penelitian karena Kompas merupakan suratkabar nasional yang bersifat netral. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kasus Rasyid Rajasa dikonstruksikan dalam harian Kompas periode Januari – Februari 2013. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah dengan mengkliping teks berita atau mengumpulkan data dan sumber informasi lainnya yang membahas mengenai kasus Rasyid Rajasa pada Harian Kompas periode Januari – Februari 2013. Penelitian ini menggunakan teknik analisis wacana model Teun A. Van Dijk yang bersifat kualitatif dengan menitikberatkan pada pemaknaan teks. Walaupun model Van Dijk ini memiliki tiga dimensi, disini penulis hanya focus pada analisis teks saja. Elemen wacana Van Dijk memiliki tiga komponen struktur wacana, yaitu: struktur makro, suprastruktur dan struktur mikro. Kemudian data yang diperoleh akan dianalisis secara tekstual melaui pemilihan kata, penempatan kata, penggunaan atau pemilihan bahasa serta elemen yang terkandung dalam tabel elemen wacana Van Dijk dengan berpedoman pada tabel tersebut sehingga diperoleh suatu kesimpulan. Kesimpulan dari bagaimana Harian Kompas mengkonstruksi realitas dalam teks berita kasus kecelakaan Rasyid Rajasa adalah Kompas menyampaikan berita dengan lugas. Kronologis peristiwa mulai dari kecelakaan hingga jalannya persidangan disampaikan secara runtut. Data dan informasi yang ditampilkan cukup lengkap dengan menyertakan pernyataan dari beberapa narasumber. Kompas lebih banyak mengambil sudut pandang dari masyarakat daripada dari pihak Rasyid. Harian Kompas menyajikan fakta dan menyelipkan beberapa sindiran kecil tanpa bersifat provokatif. Keywords: analisis wacana, Van Dijk, Rasyid Rajasa, Kompas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faisal dharma
    Date Deposited: 28 Nov 2015 10:33
    Last Modified: 28 Nov 2015 10:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22116

    Actions (login required)

    View Item