Perbedaan pengaruh metode pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap kemampuan smash normal pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Jenar Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010

Eko Hermawanto , Aris (2010) Perbedaan pengaruh metode pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap kemampuan smash normal pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Jenar Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Other thesis, UNS.

[img] PDF
Download (1500Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1). Perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap kemampuan smash normal pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Jenar Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010. (2). Metode Pembelajaran yang lebih baik pengaruhnya antara metode pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap kemampuan smash normal pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Jenar Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Di dalam penelitian eksperimen ini menggunakan randomized control group pretest – posttest design. Pembagian kelompok ke dalam 2 kelompok dengan cara “pairing of subject”. Populasi penelitian adalah putra kelas VIII SMP Negeri 1 Jenar Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 110 siswa, sedangkan sampel yang diambil sejumlah 28 siswa dengan proporsional random dari 5 kelas. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mencari perbedaan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1). Ada perbedaan pengaruh metode mengajar langsung dan metode mengajar tidak langsung terhadap kemampuan smash normal bolavoli pada putra kelas VIII SMP Negeri 1 Jenar Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010, karena nilai thitung yang diperoleh sebesar 1,73158 , lebih besar dari ttabel sebesar 1.701. (2). Metode mengajar langsung lebih baik pengaruhnya daripada metode mengajar tidak langsung terhadap kemampuan smash normal bolavoli pada putra kelas VIII SMP Negeri 1 Jenar Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010, karena rata-rata peningkatan secara matematika yaitu persentasenya peningkatan metode mengajar langsung lebih baik daripada metode mengajar tidak langsung, yaitu metode mengajar langsung 12,322 % dan metode mengajar tidak langsung 3,493 %. The goal of this research is to know : 1. The difference of influence between direct study method and indirect study method in normal smash skill in VIII grade male students SMPN 1 Jenar, Sragen regency, 2009/2010 academic year. 2. The better influence of study method between direct study method and indirect study method in smash normal skill in male students SMPN 1 Jenar Sragen regency, 2009/2010 academic year. The method that used in this research is experimental method. In this experimental research, researcher uses randomized control group pretest-posttest design. The group is divide into 2 groups by using "pairing of subject". The population of the research is the VIII grade male student’s SMP N 1 Jenar, Sragen Regency, 2009/2010 academic year. The total students is 110. The sample is 28 students with proporsional random from 5 clases. The data analysis uses t-test to search the difference. Based on the data analysis, it can be concluded that : 1. There is difference of influence between volleyball normal smash. Because the value of t count is 1,73158, bigger than t table 1,071 2. Direct study method has better influence than volleyball normal smash. Because the mathematically approximate increase, the increase percentage of direct study method is 3.493 %.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: danny
    Date Deposited: 25 Nov 2010 19:09
    Last Modified: 25 Nov 2010 19:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/221

    Actions (login required)

    View Item