Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Anatomi Mahasiswa ( Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha)

Suputra, Putu Adi and Suryani, Nunuk and Suriyasa, Putu (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Anatomi Mahasiswa ( Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha). Jurnal Magister Kedokteran Keluarga, 1 (1). pp. 104-116.

[img] PDF - Published Version
Download (279Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model konvensional terhadap prestasi belajar ilmu anatomi. (2) menganalisa pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar ilmu anatomi (3) menganalisa interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap prestasi belajar ilmu anatomi. Jenis penelitian adalah eksperimen , dengan rancangan post test only control grup design. Sampel yang dipakai sebanyak 68 mahasiswa. Instrumen penelitian berbentuk kuesioner yaitu tentang minat belajar, dan tes prestasi belajar. Semua dinyatakan valid dan reliable. Hasil penelitian didapatkan (1) pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar (p < 0,000), (2) tidak terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari minat belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar anatomi (P = 0,071), (3) tidak terdapat pengaruh dari interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan minat belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar anatomi (p= 0,222). Kata Kunci : Model Pembelajaran, Minat Belajar, Prestasi Belajar

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > QM Human anatomy
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Ahmad Santoso
    Date Deposited: 12 Jul 2013 00:19
    Last Modified: 12 Jul 2013 00:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2203

    Actions (login required)

    View Item