HUBUNGAN PENGETAHUAN MAHASISWA KEBIDANAN TINGKAT AKHIR DENGAN SIKAP MAHASISWA DALAM MENJALANKAN TUGAS DAN KEWENANGAN BIDAN

Fahmi, Twina Nur (2015) HUBUNGAN PENGETAHUAN MAHASISWA KEBIDANAN TINGKAT AKHIR DENGAN SIKAP MAHASISWA DALAM MENJALANKAN TUGAS DAN KEWENANGAN BIDAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (526Kb) | Preview

    Abstract

    Twina Nur Fahmi. R1114127. Hubungan Pengetahuan Mahasiswa Kebidanan Tingkat Akhir Dengan Sikap Mahasiswa Dalam Menjalankan Tugas Dan Kewenangan Bidan. Program Studi DIV Bidan Pendidik Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. 2015 Latar Belakang: Pengetahuan mahasiswa kebidanan memegang peranan penting dalam membentuk sikap calon bidan dalam menjalankan tugas dan kewenangan bidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pengetahuan mahasiswa kebidanan tingkat akhir dengan sikap mahasiswa dalam menjalankan tugas dan kewenangan bidan, Metode: Desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 67 mahasiswa kebidanan tingkat akhir di STIKes PKU Muhammadiyah Surakarta dengan menggunakan metode total sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Spearman dengan α 5%. Hasil: Responden mempunyai pengetahuan baik tentang tugas dan kewenangan bidan sebanyak 38 mahasiswa (58,2%) dan responden bersikap positif dalam menjalankan tugas dan kewenangan bidan sebanyak 34 mahasiswa (50,7%). Hasil analisis Spearman menunjukkan nilai r = 0,162 dan ρ = 0.191. Simpulan: “Tidak ada hubungan pengetahuan mahasiswa kebidanan tingkat akhir dengan sikap mahasiswa dalam menjalankan tugas dan kewenangan bidan”. Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Tugas Bidan dan Kewenangan Bidan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D4 - Kebidanan
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 26 Nov 2015 21:44
    Last Modified: 26 Nov 2015 21:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22022

    Actions (login required)

    View Item