KELAYAKAN DAN KETERBACAAN BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP

SUDARYANTO, MEMET (2015) KELAYAKAN DAN KETERBACAAN BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Updated Version
Download (550Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Memet Sudaryanto, Sarwiji Suwandi, Kundharu Saddhono. Kelayakan dan Keterbacaan Buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP. Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS. Januari 2015. Abstrak Buku pelajaran merupakan pegangan sekaligus pedoman peserta didik selama proses belajar mengajar. Implementasi kurikulum 2013 membawa buku pelajaran menjadi alat yang penting untuk turut menyosialisasikan desain kurikulum ini. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripskan data kelayakan isi, penyajian, bahasa buku pelajaran bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan dan keterbacaannya ditinjau peserta didik. Pendekatan dalam penelitian kajian buku pelajaran ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari buku pelajaran Wahana Pengetahuan. Analisis data dengan analisis isi menggunakan instrumen penilaian kelayakan dan tes rumpang untuk keterbacaan. Validasi data dengan triangulasi teori dari beberapa ahli yang akan berkutat dengan kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan keterbacaan dalam buku pelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif, merupakan interaksi dari empat komponen, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil analisis yakni kesesuaian KI dan KD, kesesuaian konsep, pembentukan karakter, dan ragam sumber belajar sudah memiliki nilai yang baik. Proporsi penyajian keterampilan berbahasa, ragam tema wacana, dan materi pengayaan masih sangat kurang. Setidaknya buku pelajaran tidak mengandung SARA yang menuai perdebatan. Aspek kelayakan sudah cukup memuaskan, dicek dari skor yang diperoleh. Pola pengembangan paragraf, sistematika penguraian, konsistensi materi, dan kepaduan antarkompetensi sudah disajikan dengan sangat rapi dan ideal. Sayangnya, penyajian yang rapi tidak didukung dengan bahasa yang efektif, banyak kalimat mubazir yang ditemukan. Mubazir kalimat yang banyak juga ditambah banyaknya kata tidak baku, kesalahan ejaan seperti imbuhan, huruf kapital, penulisan tanda baca, dan banyak kekeliruan pengetikan. Dari segi keterbacaan, tiga sampel yang digunakan mewakili semua teks. Dua teks terbaca dengan skala tinggi dan satu di antaranya sedang. Kata kunci : buku pelajaran, kurikulum 2013, kelayakan, keterbacaan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 25 Nov 2015 15:48
    Last Modified: 25 Nov 2015 15:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21970

    Actions (login required)

    View Item