KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR ANGKUTAN BARANG DI KOTA SURAKARTA (STUDI KASUS: JALAN KI MANGUN SARKORO-JALAN SUMPAH PEMUDA)

PRASETYO, NANANG DWI (2015) KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR ANGKUTAN BARANG DI KOTA SURAKARTA (STUDI KASUS: JALAN KI MANGUN SARKORO-JALAN SUMPAH PEMUDA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (331Kb) | Preview

    Abstract

    Operasional truk angkutan barang di Kota Surakarta memerlukan fasilitas parkir. Angkutan barang yang hanya melintasi Kota Surakarta sebagian besar akan parkir di pinggir jalan sepanjang rute angkutan barang untuk beristirahat. Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta menginformasikan potensi pembangunan rest area untuk parkir angkutan barang di Kota Surakarta berlokasi di sekitar Jalan Ring Road. Rute angkutan barang selain Jalan Ring Road yaitu Jalan Ki Mangun Sarkoro dan Jalan Sumpah Pemuda. Maka dilakukanlah penelitian untuk mengetahui karakteristik parkir truk angkutan barang dan kebutuhan ruang parkir untuk rekomendasi pembangunan rest area berdasarkan kondisi parkir eksisting di Jalan Ki Mangun Sarkoro dan Jalan Sumpah Pemuda. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei parkir kordon untuk mencatat waktu kedatangan dan keluar truk, plat nomor serta tipe truk. Untuk mendapatkan data potensi parkir di rest area Jalan Ring Road digunakan metode wawancara untuk isian kuesioner tentang kesediaan parkir. Analisis potensi parkir dan hasil akumulasi parkir digunakan untuk menghitung jumlah rekomendasi kebutuhan ruang parkir rest area. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akumulasi parkir maksimum di Jalan Ki Mangun Sarkoro yaitu 6 truk, volume total parkir tertinggi 112 truk, pergantian parkir tertinggi 16 truk/hari/ruang, dan durasi parkir terlama yaitu 56,95 menit. Akumulasi parkir maksimum di Jalan Sumpah Pemuda yaitu 7 truk, volume total parkir tertinggi 160 truk, pergantian parkir tertinggi 6 truk/hari/ruang, dan durasi parkir terlama 52,69 menit. Potensi truk angkutan barang yang bersedia parkir di rest area yaitu 25,79% untuk Jalan Ki Mangun Sarkoro dan 32,17% untuk Jalan Sumpah Pemuda. Jumlah rekomendasi ruang parkir untuk rest area Jalan Ring Road dengan pendekatan akumulasi maksimal dari Jalan Ki Mangun Sarkoro yaitu 10 dan Jalan Sumpah Pemuda yaitu 14 sehingga total 24 ruang parkir. Jumlah rekomendasi ruang parkir dengan mempertimbangkan pendekatan durasi rata-rata dari Jalan Ki Mangun Sarkoro yaitu 8 dan Jalan Sumpah Pemuda yaitu 12 sehingga total yaitu 20 ruang parkir. Untuk tahap perencanaan awal pembangunan rest area digunakan rekomendasi 20 ruang parkir.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 24 Nov 2015 15:27
    Last Modified: 24 Nov 2015 15:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21942

    Actions (login required)

    View Item