Kombinasi Dosis Pupuk Fosfor, Kalium, dan Kandang terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kacang Tanah pada Lahan Kering Jumantono

HARDININGSIH, ERIKA (2015) Kombinasi Dosis Pupuk Fosfor, Kalium, dan Kandang terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kacang Tanah pada Lahan Kering Jumantono. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (61Kb) | Preview

    Abstract

    Produktivitas kacang tanah pada lahan kering Kabupaten Karanganyar sebesar 1,43 ton ha-1, sedangkan potensinya lebih dari 1,5 ton ha-1. Lahan kering yang belum diusahan di Kabupaten Karanganyar sebesar 28% dari total luas lahan kering yang dapat dikembangkan sebagai lahan pertanaman. Budidaya kacang tanah pada lahan kering memiliki kendala utama rendahnya unsur hara. Peningkatan unsur hara dalam tanah dapat ditambahkan melalui pemupukan. Kombinasi dosis pupuk SP-36, ZK, dan pupuk kandang sapi diperlukan untuk meningkatkan kandungan hara dalam tanah. sehingga hasil kacang tanah meningkat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kombinasi dosis pupuk fosfor, kalium dan pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan dan hasil kacang tanah di lahan kering Alfisol serta mengetahui kombinasi yang paling baik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-September 2014 bertempat di lahan kering Alfisol Desa Sukosari, Jumantono, Karanganyar. Analisis tanah dilaksanakan di Laboratorium Kimia dan Kesuburan Tanah Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan 3 faktor. Faktor pertama adalah dosis pupuk SP-36 terdiri 3 taraf yaitu 100, 200 dan 300 kg ha-1. Faktor kedua adalah dosis pupuk ZK terdiri 3 taraf yaitu 75, 150 dan 225 kg ha-1. Faktor ketiga adalah dosis pupuk kandang sapi terdiri 3 taraf yaitu 10, 20 dan 30 ton ha-1. Variabel pengamatan meliputi tinggi tanaman, berat segar brangkasan, berat kering brangkasan, jumlah bintil akar efektif, jumlah polong isi, berat polong isi, berat biji kering, berat 1000 biji, pH tanah, KPK, bahan organik tanah, P dan K-tersedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi dosis pupuk SP-36, ZK, dan kandang sapi berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil kacang tanah pada lahan kering Alfisol. Kombinasi dosis pupuk terbaik yaitu SP-36 300 kg ha-1, ZK 225 kg ha-1 dan kandang sapi 10 ton ha-1 yang dapat meningkatkan hasil kacang tanah sebesar 17% dibandingkan dengan jumlah hasil kacang tanah nasional (1,27 ton ha-1). Kata kunci : Kacang tanah, Fosfor, Kalium, Pupuk kandang, lahan kering Alfisol.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agroteknologi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 24 Nov 2015 09:20
    Last Modified: 24 Nov 2015 09:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21937

    Actions (login required)

    View Item