PENERIMAAN DIRI DITINJAU DARI KECERDASAN SPIRITUAL DAN KEINTIMAN SUAMI ISTRI PADA PENDERITA PSORIASIS VULGARIS DI MM CLINIC SURAKARTA

PAMUNGKAS, Endah Ayu (2015) PENERIMAAN DIRI DITINJAU DARI KECERDASAN SPIRITUAL DAN KEINTIMAN SUAMI ISTRI PADA PENDERITA PSORIASIS VULGARIS DI MM CLINIC SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (214Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK PENERIMAAN DIRI DITINJAU DARI KECERDASAN SPIRITUAL DAN KEINTIMAN SUAMI ISTRI PADA PENDERITA PSORIASIS VULGARIS DI MM CLINIC SURAKARTA Endah Ayu Pamungkas NIM. G0111027 Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta Penerimaan diri merupakan sikap positif terhadap dirinya sendiri. Besarnya sikap positif ini berbeda pada setiap individu karena dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi diantaranya adalah kecerdasan spiritual dan faktor eksternal adalah keintiman suami istri. Penelitian ini memfokuskan pada penerimaan diri pada penderita psoriasis vulgaris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan spiritual dan keintiman suami istri dengan penerimaan diri, hubungan antara kecerdasan spiritual dengan penerimaan diri, dan hubungan antara keintiman suami istri dengan penerimaan diri pada penderita psoriasis vulgaris di MM Clinic Surakarta. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling yang akhirnya diperoleh 37 sampel. Salah satu kriterianya adalah penderita psoriasis vulgaris di MM Clinic yang sudah menikah. Alat ukur yang digunakan adalah modifikasi dari tiga skala pada jurnal internasional yaitu Skala Penerimaan Diri SAS-EB oleh Morgado (2014) dengan reliabilitas 0,72 dan validitas 0,69-0,74; Skala Kecerdasan Spiritual ISIS oleh Amram dan Christopher (2008) dengan reliabilitas 0,97 dan validitas 0,94-0,98; dan Skala Keintiman PAIR oleh Schaefer dan Olson (1981) dengan reliabilitas 0,76 dan validitas 0,70-0,77. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dan keintiman suami istri dengan penerimaan diri dengan koefisien korelasi sebesar R = 0,654; p = 0,000 (p < 0,05). Secara parsial, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan spiritual dengan penerimaan diri, dengan nilai signifikansi 0,010 (p < 0,05). Terdapat hubungan positif yang signifikan pula antara keintiman suami istri dengan penerimaan diri, dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Sumbangan variabel kecerdasan spiritual dan keintiman suami istri atas penerimaan diri sebesar 42,7%. Besar sumbangan efektif kecerdasan spiritual terhadap penerimaan diri sebesar 1,65% dan sumbangan efektif keintiman suami istri terhadap penerimaan diri sebesar 63,75%. Kata kunci: penerimaan diri, kecerdasan spiritual, keintiman.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: rifqi imaduddin
    Date Deposited: 23 Nov 2015 18:52
    Last Modified: 23 Nov 2015 18:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21923

    Actions (login required)

    View Item