MODEL MAKE OR BUY ANALYSIS PADA SISTEM PRODUKSI JOBSHOP UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA MANUFAKTUR, BIAYA PEMBELIAN, BIAYA KERUGIAN KUALITAS DAN BIAYA KETERLAMBATAN

PRATAMA, Mega Aria (2015) MODEL MAKE OR BUY ANALYSIS PADA SISTEM PRODUKSI JOBSHOP UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA MANUFAKTUR, BIAYA PEMBELIAN, BIAYA KERUGIAN KUALITAS DAN BIAYA KETERLAMBATAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (46Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Mega Aria Pratama, NIM : I 0311023. MODEL MAKE OR BUY ANALYSIS PADA SISTEM PRODUKSI JOBSHOP UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA MANUFAKTUR, BIAYA PEMBELIAN, BIAYA KERUGIAN KUALITAS DAN BIAYA KETERLAMBATAN. Skripsi. Surakarta : Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Oktober 2015. Penelitian ini membahas tentang model make or buy yaitu model pemilihan proses dan pemasok untuk meminimumkan biaya manufaktur, biaya pembelian, biaya kerugian kualitas, biaya scrap dan biaya keterlambatan dengan mempertimbangkan kapabilitas proses, kapasitas produksi, pesanan konsumen, dan urutan proses produksi pada sistem produksi job shop. Batasan yang digunakan yaitu batasan toleransi, variansi proses untuk setiap komponen, kapasitas produksi mesin, jumlah yang diproduksi, demand konsumen, dan minimal mesin terpilih. Contoh numerik diberikan untuk menunjukkan aplikasi model menggunakan produk rakitan yang terdiri dari tiga komponen penyusun. Terdapat dua sel produksi dimana setiap sel memiliki tiga mesin identik yang dapat dipilih untuk memproduksi komponen. Setiap mesin mempunyai karakteristik yang berbeda dalam hal biaya manufaktur, toleransi, waktu proses, dan kapasitas. Selain itu, terdapat juga dua alternatif pemasok untuk melengkapi pesanan produk. Hasil dari analisis sensitivitas menunjukan bahwa perubahan koefisien kerugian kualitas, indeks kapabilitas dan toleransi mesin berpengaruh terhadap minimasi setiap komponen biaya. Kata kunci : optimasi, toleransi, make or buy, kerugian kualitas xiii+51 halaman; 10 tabel; 23 gambar; daftar pustaka; 18 (1990-2014).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TS Manufactures
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: rifqi imaduddin
    Date Deposited: 23 Nov 2015 17:34
    Last Modified: 23 Nov 2015 17:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21919

    Actions (login required)

    View Item