PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN KONVENSIONAL, PERPUSTAKAAN DIGITAL DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMUNIKASI KEPERAWATAN MAHASISWA AKADEMI KEPERAWATAN GIRI SATRIA HUSADA WONOGIRI

NUGROHO, YOHANES WAHYU (2015) PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN KONVENSIONAL, PERPUSTAKAAN DIGITAL DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMUNIKASI KEPERAWATAN MAHASISWA AKADEMI KEPERAWATAN GIRI SATRIA HUSADA WONOGIRI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (726Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Latar Belakang: Prestasi belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar siswa, akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar siswa banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di samping proses pengajaran itu sendiri. Kualitas siswa dapat dilihat dari prestasi akademik yang diraihnya. Hasil belajar siswa pada hakikatnya dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan: Menganalisis pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan konvensional, intensitas pemanfaatan perpustakaan digital, dan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar komunikasi keperawatan mahasiswa AKPER GSH wonogiri. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif observasional dengan rancangan cross sectional. Lokasi penelitian di AKPER GSH Wonogiri pada bulan Maret 2014. Populasi penelitian adalah mahasiswa tingkat I semester II AKPER GSH Wonogiri. Sampel sebanyak 46 mahasiswa dengan teknik sampling berstrata. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, test dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier ganda. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitias pemanfaatan perpustakaan konvensional mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar (b = 0,96; CI= 95% 0,17 hingga 0,90; p 0,005). intensitias pemanfaatan perpustakaan digital mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar (b = 0,54; CI= 95% 0,14 hingga 0,67; p 0,004). Kecerdasan emosi mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar (b = 0,10; CI= 95% 0,05 hingga 0,15; p <0,001). Nilai koefisien determinasi (R2 = 0,765) bahwa variabel intensitas pemanfaatan perpustakaan konvensional, intensitas pemanfaatan perpustakaan digital, dan kecerdasan emosi mempunyai pengaruh sebesar 76,5% terhadap prestasi belajar komunikasi keperawatan, sedangkan sebesar 23,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian. Kesimpulan: Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara intensitas pemanfaatan perpustakaan konvensional, intensitas pemanfaatan perpustakaan digital, dan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar komunikasi keperawatan mahasiswa AKPER GSH Wonogiri. Kata Kunci: intensitas pemanfaatan perpustakaan konvensional, intensitas pemanfaatan digital, kecerdasan emosi dan prestasi belajar komunikasi keperawatan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 23 Nov 2015 14:43
    Last Modified: 23 Nov 2015 14:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21906

    Actions (login required)

    View Item