PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA SMA NEGERI SE-KABUPATEN MANGGARAI TIMUR

HENDRASMIN, YESUALDUS (2015) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA SMA NEGERI SE-KABUPATEN MANGGARAI TIMUR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (438Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis perbedaan pengaruh pembelajaran model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dengan Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi Belajar sejarah. (2)Menganalisis perbedaan pengaruh signifikan antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar sejarah. (3)Menganalisis interaksi pengaruh model pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Metode yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN se- Kabupaten Manggarai Timur pada semester 1 tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling, sampel dalam penelitian ini adalah SMAN 2 Poco Ranaka kelas XI sebagai kelompok eksperimen dan SMAN1 Sambi rampas Kelas XI sebagai kelompok Kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes prestasi belajar sejarah dan angket kreativitas siswa. Uji coba instumen meliputi validitas isi, tingkat kesukaran dan reliabilitas. Uji coba instrumen angket meliputi validitas isi dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang dilanjutkan dengan uji scheffe Hasil penelitian: penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD) dengan Model Problem Based Learning terhadap prestasi belajar sejarah. Diperoleh Fobservasi=8.48407 hasil perhitingan ini dikonsultasi dengan tabelF dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh Ftabel=4,05 karena Fobesrvasi>Ftabel atau 8.48407>4,05 kesimpulan Ho ditolak, ada pengaruh yang signifikan antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kreativitas rendah terhadap prestasi belajar sejarah. Diperoleh Fobservasi= 126.6127. dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh Ftabel= 4,05 karena Fobesrvasi>Ftabel, atau 126.6127>4.05 kesimpulan Ho ditolak, ada interaksi antara pengaruh model pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar sejarah. Berdasarkan perhitungan, diperoleh Fobservasi= 42.2375 dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh Ftabel= 4,05 karena Fobservasi>Ftabel, atau 42.2375>4.05 kesimpulan Ho ditolak. Kata kunci: Pembelajaran model STAD, Model PBL, Prestasi belajar sejarah, kreativitas siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 23 Nov 2015 14:35
    Last Modified: 23 Nov 2015 14:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21904

    Actions (login required)

    View Item