PENANGANAN RESERVASI OLEH STAFF PT PANORAMA TOUR AND TRAVEL CABANG BALI (STUDI KASUS TUI DEPARTEMENT)

APRILIANIE, YEMIMA TRI (2015) PENANGANAN RESERVASI OLEH STAFF PT PANORAMA TOUR AND TRAVEL CABANG BALI (STUDI KASUS TUI DEPARTEMENT). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (115Kb) | Preview

    Abstract

    Penanganan reservasi adalah salah satu tonggak utama dimana wisatawan akan memulai perjalanan dari daerah asalnya menuju daerah tujuan wisata. Di dalam menangani wisatawan sering terjadi permasalahan yang timbul, reservation staff mempunyai tugas untuk menangani semua reservasi yang dibutuhkan wisatawan serta bagaimana cara menangani masalah-masalah yang timbul. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui penanganan dan pelayanan yang harus dilakukan oleh reservation staff di TUI DEPARTMENT pada PT Panorama Tour and Travel cabang Bali dan masalah yang dihadapi oleh reservation staff serta bagaimana cara menghadapi masalah tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tugas akhir ini antara lain :observasi, wawancara (interview), studi pustaka, dokumen atau arsip kemudian diolah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Panorama Tour and Travel cabang Bali merupakan salah satu Biro Perjalanan Wisata terbesar di pulau Bali maka dari itu reservation staff pada PT Panorama Tour and Travel khusunya untuk TUI Holland sangat berperan penting,dalam menangani reservasi pada PT Panorama Tour and Travel cabang Bali (TUI Department) penanganan pemesanan wisatawan bersifat pemesanan secara langsung (direct booking). Pada pemesanan yang bersifat secara langsung, pemesanan ini dikirim oleh reservation staff pada Tour Wholesaler atau travel agent yang berada di belanda yang dikirim secara langsung kepada reservation staff TUI Holland Department pada PT Panorama Tour and Travel cabang Bali. Untuk mengahadapi masalah yang timbul reservation staff menyediakan kuesioner tentang bagaimana pelayanan jasa dari TUI Holland terhadap konsumen sehingga reservation staff dapat memperbaiki dan menangani masalah atau komplain dari wisatawan dan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari PT Panorama Tour and Travel terkait dengan masalah SDM. Kesimpulannya adalah penanganan reservasi di TUI Holland dinilai sangat memberi untung bagi perusahaan dan pihak supplier karena membuka peluang bagi wisatawan asing untuk melakukan perjalanan keluar negri dan untuk mengahadapi masalah yang timbul terkait dengan SDM reservation staff menyediakan kuesioner yang berguna untuk menerima komplain dari tamu.

    Item Type: Other
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 23 Nov 2015 11:40
    Last Modified: 23 Nov 2015 11:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21889

    Actions (login required)

    View Item