PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS AUDIO VISUAL CANDI SARI, CANDI RATU BOKO, DAN CANDI SAMBISARI UNTUK MENINGKATKAN RASA KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA

Ma’tsaroh, Zana Hashida (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS AUDIO VISUAL CANDI SARI, CANDI RATU BOKO, DAN CANDI SAMBISARI UNTUK MENINGKATKAN RASA KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (418Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan media pembelajaran Sejarah yang selama ini digunakan di SMA N 1 Prambanan Sleman Yogyakarta, 2) mengetahui pengembangan media pembelajaran Sejarah berbasis Audio Visual Candi Sari, Candi Ratu Boko, dan Candi Sambisari untuk Meningkatkan Rasa Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS di SMA N 1 Prambanan Sleman Yogyakarta, dan 3) mengetahui efektifitas media pembelajaran Sejarah berbasis Audio Visual Candi Sari, Candi Ratu Boko, dan Candi Sambisari untuk Meningkatkan Rasa Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS di SMA N 1 Prambanan Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini terdiri dari 3 tahapan yaitu: 1) tahap studi pendahuluan, 2) tahap pengembangan media, dan 3) tahap uji efektivitas. Pada tahap studi pendahuluan merupakan tahapan penelitian dengan melakukan observasi dan wawancara di lapangan. Tahapan kedua adalah pengembangan media. Tahap terakhir adalah uji evektivitas media dengan menggunakan test (yang terdiri dari pre-test dan post-test) dan untuk menguji pengaruh media pembelajaran terhadap kesadaran sejarah siswa menggunakan angket kesadaran sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa media yang digunakan oleh guru sejarah dalam proses kegiatan belajar mengajar Sejarah di kelas di SMA N 1 Prambanan berupa penayangan slide power point, film sejarah, dan miniatur-miniatur benda-benda bersejarah; 2) Media media pembelajaran berbasis audio-visual ini melalui beberapa langkah yaitu: a) menyusun media pembelajaran, b) mengumpulkan video lewat link Youtube di internet, c) menyusun materi sesuai dengan KI dan KD, d) menyusun video yang telah dikumpulkan dari Youtube, e) membuat story board yang sesuai dengan isi video dan materi yang telah disusun, f) pengetesan prodek secara internal; dan 3) Efektivitas media pembelajaran sejarah berbasis audio visual menunjukkan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran sejarah berbasis audio visual Candi Sari, Ratu Boko dan Sambisari lebih baik bila dibandingkan dengan siswa yang mengunakan media Power Point serta dapat meningkatkan kesadaran sejarah siswa Kata kunci : Media Audio Visual, Kesadaran Sejarah

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 23 Nov 2015 10:34
    Last Modified: 23 Nov 2015 10:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21880

    Actions (login required)

    View Item