HUBUNGAN TIPE POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA

KRISTIANI, YUNITA (2015) HUBUNGAN TIPE POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (261Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang: Remaja memerlukan kecerdasan emosional agar tidak terlibat dalam kenakalan remaja, terutama penyalahgunaan narkoba. Data BNN menunjukkan terdapat 2.106 kasus narkoba pada tahun 2012. Keluarga adalah lingkungan dasar bagi perkembangan emosional dan aspek penting dalam hubungan orang tua dan anak adalah pola asuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tipe pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional remaja. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan metode pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah siswa SMK Muhammadiyah 1 Surakarta. Sampel 122 siswa dengan menggunakan metode proportional random sampling. Kedua variabel menggunakan Instrument penelitian angket dengan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan uji Lambda. Hasil: Terdapat 90 responden (75%) diasuh dengan pola asuh authoritative dan terdapat 63responden (52,5%) memiliki kecerdasan emosional tinggi. Analisis hubungan antara tipe pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional remaja adalah P=0.035 dan r=0,695. Kesimpulan: Ada hubungan antara Tipe Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Remaja di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta. Kata Kunci : Tipe Pola Asuh, Kecerdasan Emosional, Remaja v

    Item Type: Other
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D4 - Kebidanan
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 23 Nov 2015 09:18
    Last Modified: 23 Nov 2015 09:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21872

    Actions (login required)

    View Item