PENERAPAN STRATEGI REACT DALAM MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Rachmawati, Desi (2015) PENERAPAN STRATEGI REACT DALAM MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (740Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi REACT dalam model pembelajaran Think Pair Share (TPS) yang dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2014/201 5, untuk mengetahui keaktifan siswa setelah mengikuti pelajaran dengan menerapkan strategi REACT dalam model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika setelah mengikuti pelajaran dengan menerapkan strategi REACT dalam model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data keterlaksanaan pembelajaran, data keaktifan siswa, dan data kemampuan pemecahan masalah matematika. Data keterlaksanaan pembelajaran dan keaktifan diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran, sedangkan data kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini untuk keaktifan ditinjau dari masing-masing aktivitas yang diamati yaitu aktivitas visual setidaknya 75% dari jumlah total siswa, aktivitas lisan setidaknya 70% dari jumlah total siswa, aktivitas menulis setidaknya 75% dari jumlah total siswa dan aktivitas motorik setidaknya 65% dari jumlah total siswa. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika indikator keberhasilannya adalah setidaknya 12% dari jumlah total siswa yang mengikuti tes mendapatkan skor maksimal 20. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa langkah pembelajaran dengan menerapkan strategi REACT dalam model pembelajaran Think Pair Share (TPS) yang dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah matematika adalah: 1) Pendahuluan: guru melakukan apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa. 2) Kegiatan inti meliputi: a) guru menyampaikan sedikit materi pendukung, b) tahapan Think menerapkan strategi Relating yaitu guru meminta siswa untuk mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari dan memberikan Lembar Kerja Individu, c) guru menunjuk siswa untuk menyampaikan hasil pengerjaan Lembar Kerja Individu, d) tahapan Pair menerapkan strategi Cooperating, Experiencing, Applying dan Transfering yaitu meminta siswa berkelompok dengan teman satu meja dan diberikan Lembar Kerja Siswa untuk dikerjakan dengan berdiskusi, Lembar Kerja Siswa yang diberikan berisikan dua tugas yaitu tugas pertama merupakan kegiatan menemukan konsep (strategi Experiencing) dan tugas kedua adalah soal diselesaikan dengan langkah pemecahan masalah dan menggunakan konsep yang telah ditemukan pada tugas pertama (strategi Applying dan Transfering), d) tahapan Pair yaitu guru menunjuk siswa untuk mempresentasikan hasil pengerjakan Lembar Kerja Siswa dan vii kelompok yang tidak ditunjuk diberikan kesempatan untuk menanggapi, menyampaikan pendapat dan bertanya, e) guru bersama siswa membahas hasil presentasi sehingga diperoleh jawaban yang tepat dan siswa paham materi serta langkah pemecahan masalah. 3) Kegiatan Penutup: guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari, memberikan kuis dan apresiasi atas kinerja siswa selama proses pembelajaran. Hasil observasi keaktifan yang telah dilakukan berupa persentase untuk masing-masing aktivitas yang diamati adalah: 1) Aktivitas visual pada pra siklus sebesar 58,49% mengalami peningkatan sebesar 9,32% pada siklus I menjadi 67,81% kemudian meningkat sebesar 9,64% pada siklus II menjadi 77,45%. 2) Aktivitas lisan pada pra siklus sebesar 48,53% mengalami peningkatan sebesar 12,63% pada siklus I menjadi 61,16% kemudian meningkat sebesar 9,06% pada siklus II menjadi 70,22%. 3) Aktivitas menulis pada pra siklus sebesar 61,11% mengalami peningkatan sebesar 8,82% pada siklus I menjadi 69,93% kemudian meningkat sebesar 6,84% pada siklus II menjadi 76,47%. 4) Aktivitas motorik pada pra siklus sebesar 38,89% mengalami peningkatan sebesar 37,58% pada siklus I menjadi 76,47% kemudian meningkat sebesar 5,88% pada siklus II menjadi 82,85%. Sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah berdasarkan dari hasil tes pada pra siklus tidak ada siswa yang memperoleh skor maksimal 20 kemudian pada siklus I 6% siswa memperoleh skor maksimal 20, pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 11,65% sehingga diperoleh 17,65% siswa mendapatkan skor maksimal 20. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi REACT dalam model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa keals VIII E SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci: REACT, TPS, keaktifan, kemampuan pemecahan masalah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 22 Nov 2015 23:51
    Last Modified: 22 Nov 2015 23:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21868

    Actions (login required)

    View Item