PROSES BERPIKIR REFLEKTIF SISWA SMA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TURUNAN FUNGSI DITINJAU DARI EFIKASI DIRI (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Punung Tahun Pelajaran 2014/2015)

Genarsih, Tunjung (2015) PROSES BERPIKIR REFLEKTIF SISWA SMA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TURUNAN FUNGSI DITINJAU DARI EFIKASI DIRI (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Punung Tahun Pelajaran 2014/2015). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (874Kb) | Preview

    Abstract

    Tunjung Genarsih. S851402059. Proses Berpikir Reflektif Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah pada Materi Turunan Fungsi Ditinjau dari Efikasi Diri (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Punung Tahun Pelajaran 2014/2015). TESIS. Pembimbing I: Prof. Drs. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc, Ph.D., II: Dr. H. Mardiyana, M.Si. Program Studi Magister Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif siswa SMA dalam pemecahan masalah pada materi turunan fungsi ditinjau dari efikasi diri. Proses berpikir tingkat tinggi diperlukan setiap individu agar dapat menghubungkan pengalaman yang satu dengan yang lainnya, di antaranya melalui proses berpikir reflektif. Pemecahan masalah matematika dapat dipengaruhi oleh efikasi seseorang untuk menyelesaikan sebuah persoalan. Efikasi diri adalah keyakinan terhadap kemampuan dirinya sendiri dalam menyelesaikan sebuah permasalahan Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA I SMA Negeri Punung Kabupaten Pacitan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Penentuan subjek menggunakan teknik pemilihan sampel bertujuan (purposive sampling), yaitu berdasarkan efikasi diri tinggi, sedang, dan rendah. Data penelitian berupa data hasil tes tertulis pekerjaan siswa dan hasil wawancara saat klarifikasi jawaban tertulis siswa. Uji kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi waktu. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif menurut Miles dan Huberman meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dengan efikasi diri tinggi menggunakan proses berpikir reflektif pada empat langkah pemecahan masalah (Polya) a) tahap memahami masalah, mampu menyeleksi ilmu pengetahuannya, meyakini kebenaran pemecahan masalah, dan aktif membuat pertimbangan terhadap solusi yang dipilih; b) tahap merencanakan pemecahan masalah, membuat pertimbangan tertentu, meyakini kebenaran rencana pemecahan masalah, dan menyeleksi ilmu pengetahuannya; c) tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, mampu menjelaskan pemecahan masalah, mengaitkan informasi yang diperolehnya dengan masalah yang dihadapi, melakukan pertimbangan, menyadari kesalahan dan memperbaikinya, meyakini kebenaran solusi pemecahan masalah; d) tahap memeriksa kembali, melakukan pemeriksaan ulang, mampu mengaitkan pengetahuan yang telah dimiliki, memperbaiki kesalahan, menjelaskan kesimpulan akhir, (2) siswa dengan efikasi diri sedang menggunakan proses berpikir reflektif pada dua langkah pemecahan masalah a) tahap memahami masalah, meyakini kebenaran pemecahan masalah yang dipilih, aktif membuat pertimbangan, dan mampu menyeleksi ilmu pengetahuannya; b) tahap merencanakan pemecahan masalah tidak menggunakan proses berpikir xvii reflektif; c) tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, mampu menjelaskan pemecahan masalahnya, menyeleksi ilmu pengetahuan yang telah dimiliki, meyakini kebenaran pemecahan masalahnya; d) tahap memeriksa kembali tidak menggunakan proses berpikir reflektif , dan (3) Siswa kelas XI IPA SMA Negeri Punung dengan efikasi diri rendah hanya menggunakan proses berpikir reflektif pada satu tahap pemecahan masalah, yaitu memahami masalah. dengan karakteristik aktif membuat pertimbangan, merasa yakin solusi pemecahan masalahnya sudah benar Kata kunci: berpikir relektif, pemecahan masalah, matematika, efikasi diri

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 22 Nov 2015 16:21
    Last Modified: 22 Nov 2015 16:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21862

    Actions (login required)

    View Item