PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN PLYOMETRICS SQUAT JUMP DAN KNEE TUCK JUMP TERHADAP KETEPATAN LONG PASS SEPAKBOLA DITINJAU DARI PANJANG TUNGKAI (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Pembinaan Prestasi Sepakbola Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta)

ADITYATAMA, FIRMAN (2014) PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN PLYOMETRICS SQUAT JUMP DAN KNEE TUCK JUMP TERHADAP KETEPATAN LONG PASS SEPAKBOLA DITINJAU DARI PANJANG TUNGKAI (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Pembinaan Prestasi Sepakbola Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (136Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF - Published Version
    Download (1000Kb) | Preview

      Abstract

      ABSTRAK FIRMAN ADITYATAMA. A. 121108014. Perbedaan Pengaruh Latihan Plyometrics Squat Jump dan Knee Tuck Jump Terhadap Ketepatan Long Pass Sepakbola Ditinjau Dari Panjang Tungkai (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Pembinaan Prestasi Sepakbola Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta). Tesis. Surakarta. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2014. Pembimbing I: Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr., MARS. Pembimbing II: Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh antara latihan plyometrics squat jump dan knee tuck jump terhadap ketepatan long pass sepakbola, (2) Perbedaan ketepatan long pass sepakbola antara mahasiswa yang memiliki tungkai panjang, sedang dan pendek, (3) Pengaruh interaksi antara metode latihan dan panjang tungkai terhadap ketepatan long pass sepakbola. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen dengan rancangan faktorial 2 x 3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pembinaan Prestasi Sepakbola Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta yang berjumlah 60 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling, besarnya sampel yang diambil yaitu sebanyak 60 mahasiswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan ANAVA. Sebelum diuji dengan ANAVA, terlebih dulu menggunakan uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas sampel (Uji Lilliefors dengan α = 0,05 %) dan Uji homogenitas varians (Uji Bartlett dengan α = 0,05 %). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh antara latihan plyometrics squat jump dan knee tuck jump terhadap ketepatan long pass sepakbola. Pengaruh latihan plyometrics knee tuck jump lebih baik dari pada latihan plyometrics squat jump, (2) ada perbedaan ketepatan long pass sepakbola antara mahasiswa yang memiliki tungkai panjang, sedang dan pendek. Ketepatan long pass sepakbola pada mahasiswa yang memiliki tungkai panjang lebih baik dari pada mahasiswa yang memiliki tungkai sedang. Sedangkan ketepatan long pass sepakbola pada mahasiswa yang memiliki tungkai sedang lebih baik dari pada mahasiswa yang memiliki tungkai pendek, (3) terdapat pengaruh interaksi antara metode latihan dan panjang tungkai terhadap ketepatan long pass sepakbola. Mahasiswa yang memiliki tungkai panjang lebih cocok jika diberikan latihan plyometrics knee tuck jump. Mahasiswa yang memiliki tungkai sedang lebih cocok jika diberikan latihan plyometrics squat jump. Sedangkan mahasiswa yang memiliki tungkai pendek lebih cocok jika diberikan latihan plyometrics knee tuck jump. Kata Kunci: Latihan Plyometrics Squat Jump, Latihan Plyometrics Knee Tuck Jump, Panjang Tungkai, Ketepatan Long Pass Sepakbola.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Pasca Sarjana
      Pasca Sarjana > Magister
      Depositing User: Inang S H
      Date Deposited: 22 Nov 2015 15:37
      Last Modified: 22 Nov 2015 15:37
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21857

      Actions (login required)

      View Item